RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
SD N 34 Sungai Limau
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku (Keanekaragaman Makhluk Hidup
di Sekitar)
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu : (5x35 menit) (5x35 menit)/ 1 hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
SBdP
3.2 Mengenal gambar alam
benda, dan kolase
4.2 Membuat karya seni
kolase dengan berbagai bahan
IPA
3.2 Mendeskripsikan daur
hidup beberapa jenis mahluk hidup
4.2 Menyajikan secara
tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi
dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,
dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah,
dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
C.
INDIKATOR
SBdP
·
Berkreasi
membuat karya kolase kupu-kupu dengan bahan bekas
IPA
·
Menjelaskan
daur hidup kupu-kupu dalam bentuk diagram setelah membaca teks dan mengenal
daur hidup makhluk hidup lain
·
Menyimpulkan
bahwa makhluk hidup memiliki daur hidup yang berbeda-beda
Bahasa Indonesia
·
Menulis
laporan deskriptif tentang daur hidup kupu-kupu dengan melihat diagram yang
dibuatnya
D.
TUJUAN
1.
Setelah
mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan daur hidup manusia,
hewan, dan tumbuhan dengan benar.
2.
Setelah
mengamati gambar daur hidup makhluk hidup lain dan membaca teks, siswa mampu
mengurutkan daur hidup kupu-kupu dengan benar.
3.
Dengan
menggunakan bahan bekas, siswa mampu berkreasi membuat karya seni kolase
kupu-kupu berdasarkan langkah-langkah yang diberikan dengan benar.
4.
Setelah
membaca diagram dan membaca teks, siswa mampu menggambarkan daur hidup
kupu-kupu menggunakan kata-katanya sendiri dengan benar.
E.
MATERI
1.
Daur Hidup,
cerita tentang Lani dan ibu yang sedang melihat-lihat album foto keluarga, diagram pertumbuhan atau daur hidup
beberapa hewan dan tumbuhan, diagram daur hidup kupu-kupu, Metamorfosis, karya
kolase kupu-kupu.
F.
PENDEKATAN
& METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak
siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.
4.
Menginformasikan Tema/Sub Tema yang
akan dibelajarkan.
5.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Tahukah
Kamu?
Daur
Hidup
1.
Siswa membaca cerita tentang Lani dan
ibu yang sedang melihat-lihat album foto keluarga. Siswa mengamati foto-foto
yang ada di dalam buku siswa.
Guru meminta siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di
dalam buku, baik berdasarkan gambar maupun pengalaman mereka.
Ayo
Amati
·
Guru dapat membawa
kupu-kupu, ulat, atau hewan lain untuk menarik minat siswa ketika belajar
tentang daru hidup.
1.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait
diagram-diagram daur hidup hewan dan tumbuhan tadi.
2.
Guru mengajak siswa untuk bertanya tentang
hewan-hewan yang ada atau hewan lainnya.
Ayo
Cari Tahu
1.
Siswa melakukan pengamatan di luar
kelas dan mencari tahu tentang 1 hewan dan 1 tumbuhan yang ditemukan,
kemudian mencoba membuat diagram daur hidupnya.
2.
Siswa menceritakan hasil temuannya
kepada seorang teman, kemudian mendiskusikan apakah diagram daur hidup hewan
dan tumbuhan yang ia buat tadi sudah benar atau belum.
3.
Guru memeriksa diagram siswa
Ayo Belajar
1. Guru
meminta beberapa siswa secara bergantian membaca teks dengan suara nyaring.
Ayo Urutkan
1.
Siswa membuat diagram daur hidup
kupu-kupu berdasarkan teks dengan melanjutkan gambar yang sudah ada.
Ayo Menulis
Laporan
Deskriptif
1.
Setelah tahu tentang kupu-kupu, siswa
membuat laporan berupa paragraf deskriptif tentang kupu-kupu!
·
Paragraf deskriptif adalah sebuah
tulisan yang isinya bertujuan memberi gambaran suatu objek kepada pembaca
secara rinci dan jelas tanpa disertai pendapat penulis terhadap objek
tersebut.
·
Dengan kata lain paragraf deskriptif
adalah karangan yang menggambarkan sesuatu benda, tempat, suasana atau
keadaan sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, mencium, dan
merasakan apa yang dirasakan oleh penulis.
Sumber:
http://belajar.kemdiknas.go.id
Tulisan
deskriptif yang diharapkan adalah:
Contoh:
Daur Hidup
Kupu-Kupu
Tahap pertama daur hidup kupu-kupu adalah telur.
Ukuran telur adalah sebesar ujung pensil.
Tahap kedua adalah ulat atau larva. Ulat ini
berasal dari telur yang menetas. Ulat memakan daun dan bunga. Ulat juga
mengalami pergantian kulit selama ia bertumbuh.
Tahap ketiga daur hidup kupu-kupu adalah
kepompong. Pada awalnya, kepompong berwarna hijau muda dengan bulatan-bulatan
berwarna emas. Masa kepompong ini adalah masa beristirahat.
Tahap terakhir adalah kupu-kupu, yang keluar dari
kepompong. Kupu-kupu nanti bertelur lagi. Daur hidup hewan ini pun berulang
kembali dari awal.
(Penilaian no.
1)
Ayo Bandingkan
Metamorfosis
1.
Siswa membaca informasi tentang
metamorfosis, kemudian membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup
setelah menjawab beberapa pertanyaan yang ada di buku siswa.
2.
Guru berkeliling memreriksa pekerjaan
siswa. Guru mengingatkan siswa untuk melihat kembali diagram-diagram daur
hidup hewan dan tumbuhan di dalam buku siswa.
Daur Hidup
Hewan
Daur hidup adalah tahapan-tahapan kehidupan
makhluk hidup sejak lahir hingga menjadi dewasa. Perubahan bentuk hewan yang
berbeda antara ketika lahir dan dewasa dinamakan metamorfosis.
Metamorfosis dibedakan menjadi dua macam, yaitu
seperti berikut.
1. Metamorfosis
sempurna:
Metamorfosis
pada hewan yang pada saat menetas berbeda dengan bentuk induknya.
Contoh:
kupu-kupu, katak, dan nyamuk
Contoh proses
metamorfosis sempurna:
Metamorfosis
pada kupu-kupu: telur, ulat (larva), kepompong, kupu-kupu Metamorfosis pada katak: telur,
kecebong, katak berekor, katak dewasa Metamorfosis
pada nyamuk: telur, larva, pupa, nyamuk
2. Metamorfosis
tidak sempurna:
Metamorfosis
pada hewan yang setelah menetas bentuk tubuhnya sudah sama atau mirip dengan
induknya.
Contoh: kecoa,
jangkrik, semut, rayap, belalang
Contoh proses
metamorfosis tidak sempurna:
Metamorfosis pada belalang: telur, nimfa, belalang
Metamorfosis
pada kecoa: telur, nimfa, kecoa
3.
Siswa mengamati foto beberapa
kupu-kupu yang ada di Indonesia dengan beragam bentuk dan warnanya.
4.
Guru dapat menanyakan kepada siswa
pendapat mereka tentang keindahan dan keberagaman kupukupu yang ada di negeri
kita ini, termasuk bagaimana cara melestarikan kupu-kupu.
Ayo Berkreasi
1.
Siswa membuat sebuah karya kolase
kupu-kupu berdasarkan instruksi yang ada di buku. (Penilaian no. 2)
·
Guru menentukan ukuran media tempel untuk kolase:
kalender bekas atau kertas gambar sesuai persediaan yang ada.
2.
Siswa menceritakan hasil karya
kolasenya secara tertulis.
·
Guru meminta siswa menukar ceritanya dengan
seorang teman, kemudian saling memberi komentar tentangnya.
·
Guru dapat meminta siswa memajang hasil karya
kolasenya di kelas dengan memberi nama terlebih dahulu.
Ayo Renungkan
1.
Siswa menuliskan
perenungan pembelajaran ini di buku siswa.
2.
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150 Buku Guru.
Pengayaan
1.
Siswa mencari informasi di
perpustakaan tentang daur hidup hewan-hewan lain di lingkungannya dan
membandingkannya dengan daur hidup hewan dan tumbuhan yang telah dipelajari!
Remedial
1.
Siswa yang belum memahami daur hidup
dapat menggambar kembali daur hidup kupu-kupu dan menceritakannya secara singkat.ang diharapkan
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa menuliskan
perenungan mereka di buku siswa.
2.
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di Buku Guru.
3.
Guru memberikan pekerjaan
rumah untuk mengerjakan worksheet.
4.
Guru menyampaikan pesan
moral untuk memanfaatkan Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku dengan
bijak.
5.
Guru mengucapkan Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Kupu-kupu, ulat, dan
kecoa di dalam wadah, koran bekas/majalah bekas/kertas bekas, kalender
bekas/kertas gambar, pewarna, gunting pensil, dan lem.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
·
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
·
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja.
·
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 34 Sungai Limau
SURATI,S.Pd
Nip…………….
|
Sungai Limau, 02 November 2015
Guru Kelas 4
ADITYA CANDRA
Nip…………………..
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
SD N 34 Sungai Limau
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku (Keanekaragaman Makhluk Hidup di Sekitar)
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu : (5x35 menit) (5x35 menit)/ 1 hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi, dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
IPA
3.2 Mendeskripsikan daur
hidup beberapa jenis mahluk hidup
4.2 Menyajikan secara
tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
PPKn
3.2 Memahami hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan
masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
IPS
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
C.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
·
Menulis
laporan deskriptif tentang daur hidup mangga
·
Menceritakan
kembali informasi tentang nyamuk demam berdarah dalam bentuk peta pikiran
IPA
·
Mengurutkan
daur hidup mangga dalam bentuk diagram
·
Menjelaskan
daur hidup mangga dalam bentuk bagan
PPKn
·
Mempraktikkan
perilaku yang menunjukkan kewajiban sebagai warga di lingkungan sekolah untuk
menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan
IPS
·
Memberikan
ide-ide tindakan yang dapat dilakukan manusia yang berhubungan dengan daur
hidup hewan dan tumbuhan
D.
TUJUAN
1.
Dengan
membaca diagram, siswa mampu menulis laporan deskriptif tentang daur hidup
mangga dengan benar.
2.
Setelah
membaca teks, siswa mampu membuat peta pikiran tentang nyamuk demam berdarah
dengan benar.
3.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menunjukkan contoh tindakan yang dapat
dilakukan manusia terhadap daur hidup hewan dan tumbuhan dengan
benar.
4.
Setelah
membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara menjaga
kebersihan dan keindahan lingkungan dengan benar.
5.
Setelah
membaca diagram, siswa mampu mengurutkan daur hidup mangga dengan benar setelah
mengenal daur hidupnya dengan benar.
E.
MATERI
1.
Cerita
tentang Siti yang berbelanja buah di pasar dengan ibunya, informasi tentang
daur hidup mangga dan pencangkokan
tanaman mangga, berita tentang serangan nyamuk demam berdarah (DBD), daur hidup
nyamuk, hubungan antara manusia dengan lingkungan alam, misalnya dengan daur
hidup hewan dan tumbuhan, menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan siswa.
F.
PENDEKATAN
& METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak
siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.
4.
Menginformasikan Tema/Sub Tema yang
akan dibelajarkan.
5.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Tahukah Kamu?
1.
Siswa membaca cerita tentang Siti yang
berbelanja buah di pasar dengan ibunya.
2.
Siswa mengamati foto beberapa jenis
mangga dari beberapa wilayah di Indonesia, serta membaca informasi tentang
daur hidup mangga dan pencangkokan tanaman mangga.
·
Guru dapat membawa buah mangga dengan daunnya jika
ada. Guru juga dapat bertanya sedikit tentang bagian tubuh tanaman mangga
seperti yang telah dipelajari tentang bagian tubuh tumbuhan.
·
Guru meminta siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa secara berkelompok, kemudian
setiap siswa menyampaikan hasilnya kepada siswa lain di kelompok berbeda.
Ayo Menulis
1.
Siswa membuat diagram daur hidup
mangga disertai laporan deskriptifnya berdasarkan informasi sebelumnya.
Ayo Cari Tahu
1.
Siswa membaca berita tentang serangan
nyamuk demam berdarah.
2.
Guru meminta siswa untuk bertanya
tentang hal-hal yang berkaitan dengan nyamuk
·
Guru meminta siswa untuk memberi tanda
atau menggarisbawahi kata atau kalimat yang penting.
Ayo Ceritakan
1.
Siswa menceritakan kembali informasi
tentang nyamuk DBD dalam peta pikiran.
·
Guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa dan
mengingatkannya untuk membaca kembali berita tadi untuk memudahkan
pekerjaannya.
Ayo Belajar
·
Guru menyiapkan percobaan daur hidup
nyamuk sejak satu minggu sebelumnya agar siswa lebih memahami. Peralatan dan
bahan yang dibutuhkan: jentik-jentik nyamuk, air bening, akuarium atau wadah
bening, dan kasa sebagai penutup akuarium.
·
Siswa mengamati perubahan jentik
menjadi lava, kemudian menjadi nyamuk selama beberapa hari.
1.
Siswa mengamati daur hidup nyamuk.
2.
Siswa mendiskusikan pertanyaan yang
ada secara berpasangan, kemudian menuliskan jawaban dan alasan.
3.
Siswa membuat kesimpulan berdasarkan
pertanyaan berikut. Jadi, menurutmu, apa hubungan antara manusia dengan
lingkungan alam, misalnya dengan daur hidup hewan dan tumbuhan?
·
Guru berkeliling memotivasi siswa untuk berdiskusi
aktif bersama pasanganya, kemudian menyimpulkan kegiatan ini. Kesimpulan yang
diharapkan adalah bahwa manusia dapat melakukan suatu tindakan terhadap daur
hidup tumbuhan dan hewan untuk kebaikan manusia.
4.
Siswa menukar jawabannya dengan teman
lain, kemudian memberikan komentar atau pertanyaan lisan tentang hasil
jawaban teman tersebut.
·
Guru memberi petunjuk bahwa komentar atau
pertanyaan yang diberikan dapat berhubungan dengan kesulitan yang dihadapi
saat menjawab pertanyaan atau memberikan masukan untuk teman.
Ayo Lakukan
1.
Siswa mempraktikkan hal-hal yang dapat
ia lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungannya. Kegiatan
ini dapat dilakukan hingga akhir pembelajaran 6 dan dicatat dalam tabel di
buku siswa.
·
Siswa dimotivasi untuk melakukan kegiatan menjaga
kebersihan dan kesehatan di lingkungan, lebih dari yang diharapkan di buku
siswa. Siswa juga diinginkan kembali untuk mempraktikkan sikap jujur dalam
mengisi tabelnya.
2.
Siswa menjawab pertanyaan terkait
tugas tadi. (Penilaian no. 2)
Ayo Renungkan
1.
Siswa menuliskan perenungan di buku
siswa.
2.
Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150 Buku Guru.
Pengayaan
1.
Siswa menemukan cara lain untuk
memberantas nyamuk.
Remedial
1.
Siswa yang belum memahami daur hidup
mangga dan nyamuk dapat menggambar kembali bentuk-bentuk kedua makhluk hidup
tersebut dan menggambarnya sesuai urutan.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa menuliskan
perenungan mereka di buku siswa.
2.
Guru menyampaikan pesan
moral untuk memanfaatkan Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku dengan
bijak.
3.
Guru memberikan pekerjaan
rumah untuk mengerjakan worksheet.
4.
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Mangga dengan daunnya,
nyamuk demam berdarah, jentik-jentik nyamuk, air bening, akuarium atau wadah
bening, dan kasa sebagai penutup akuarium
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
·
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
·
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja.
·
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 34 Sungai Limau
SURATI,S.Pd
Nip…………….
|
Sungai Limau, 02 November 2015
Guru Kelas 4
ADITYA CANDRA
Nip…………………..
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
SD N 34 Sungai Limau
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk
Hidup
Sub Tema 2 :
Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku (Keanekaragaman Makhluk Hidup
di Sekitar)
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu :
(5x35 menit)/ 1 hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
IPS
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
Matematika
3.13 Memahami pecahan
senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda konkret/gambar
4.13 Mengurai sebuah
pecahan menjadi hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya
dengan berbagai kemungkinan jawaban
PPKn
3.2 Memahami hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan
masyarakat
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
C.
INDIKATOR
IPS
·
Menjelaskan
hubungan tindakan manusia terhadap lingkungan alam yang berkaitan dengan
kelestarian tumbuhan dan hewan di lingkungannya
Matematika
·
Menemukan
jawaban dari soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan
berpenyebut sama setelah bereksplorasi dengan benda konkret/gambar.
·
Menemukan
operasi penjumlahan atau pengurangan dua atau lebih pecahan menjadi sebuah
pecahan setelah melakukan eksplorasi.
·
Mengomunikasikan
hasil eksplorasinya tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan
PPKn
·
Menyebutkan
perilaku yang menunjukkan kewajiban sebagai warga di lingkungan untuk menjaga
kelestarian tumbuhan dan hewan
D.
TUJUAN
1.
Setelah
berdiskusi kelompok, siswa mampu memahami bahwa manusia dapat melakukan
tindakan yang berkaitan dengan kelestarian tumbuhan dan hewan di lingkungannya.
2.
Setelah
bereksplorasi dengan benda konkret dan gambar, siswa mampu menentukan hasil
penjumlahan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
3.
Setelah
bereksplorasi dengan benda konkret, gambar, dan berdiskusi, siswa mampu
menyelesaikan masalah tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut
sama dengan benar. Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menemukan cara-cara
untuk menjaga kelestarian tumbuhan dan hewan di lingkungannya dengan benar.
E.
MATERI
1.
Nilai
pecahan, penjumlahan pecahan berpenyebut sama, pengurangan pecahan berpenyebut sama, menjaga kelestarian
tumbuhan dan hewan di lingkungannya.
F.
PENDEKATAN
& METODE
1. Pendekatan : Scientific
2. Strategi : Cooperative
Learning
3. Teknik : Example
Non Example
4. Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak
siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.
4.
Menginformasikan Tema/Sub Tema yang
akan dibelajarkan.
5.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Tahukah Kamu?
Pecahan
1.
Siswa membaca cerita tentang Beni yang
membagi apel kepada teman-temannya.
2.
Apel dipotong tipis-tipis (telah
disiapkan guru sebelumnya), sehingga menjadi beberapa lembaran.
3.
Siswa menggambar potongan apel yang
dipotong ibu Beni, kemudian menggambar pecahannya.
·
Guru membawa sebuah (beberapa) apel
untuk mengkonkretkan, ditunjukkan secara utuh 1 buah terlebih dahulu.
Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok mendapat 1
apel. Jika tidak ada apel, guru dapat menyediakan gambar lingkaran seperti
gambar di bawah ini.
·
Guru bertanya:
Berapa buah
apael yang guru bawa?
Bagaimana ibu
Beni harus memotong satu lembaran apel itu agar dapat dibagi ke semua anak
sama besar?
Bagaimana kamu
menggambarkan lembaran apel yang didapat setiap anak? Gambarkan di bukumu!
·
Guru berkeliling memeriksa pekerjaan
siswa dan membantu siswa yang masih kesulitan menggambar pecahan.
·
Guru dapat mengarahkan siswa membagi
kertas dengan cara melipatnya menjadi 4 bagian sama besar.
Kegiatan
Memotong Apel
4.
Guru dapat menggambarkan pecahan
berikut di papan tulis
5.
Guru dapat mengajak siswa untuk
membagi lembaran apel menjadi beberapa bagian selain 4. Contoh:
Dibagi
menjadi 6 bagian
Ayo
Belajar
1.
Siswa membaca soal pecahan no. 1 dan
mengerjakannya secara berkelompok dengan menentukan nilai pecahan apel Udin
dan Lani. Minta siswa menggambarnya agar mudah dipahami.
2.
Siswa membaca soal pecahan no.2 dan
mengerjakannya secara individu dengan menentukan nilai pecahan apel Beni,
Lani, dan Udin.
·
Guru meminta siswa mendemonstrasikan
soal tersebut dalam bentuk gambar di dalam kelompok.
·
Guru meminta siswa menjawabnya di buku
secara individu.
·
Guru berkeliling melihat hasil jkerja
siswa. Bimbing siswa yang belum paham tentang pecahan dan penjumlahannya
dengan mendemonstrasikan kepada seorang teman. Pada soal no.2 ini, hasil
penjumlahannya harus disederhanakan.
·
Siswa mendemonstrasikan soal nomor 3
dalam bentuk gambar di dalam kelompok. Soal tersebut adalah soal pengurangan
pecahan berpenyebut sama. Guru dapat menyediakan kertas sebagai media.
·
Guru berkeliling ke setiap kelompok
untuk mengamati proses diskusi.
·
Meminta seorang siswa dari setiap
kelompok untuk mendemonstrasikan operasi hitung soal nomor 3 tersebut di
kelompok berbeda.
Penjumlahan
Pecahan Berpenyebut Sama
1.
Guru dapat menunjukkan
contoh lain penjumlahan pecahan berpenyebut sama
2.
Siswa diajak menyimpulkan operasi
hitung penjumlahan pecahan berpenyebut sama sebagai berikut.
Pengurangan
Pecahan Berpenyebut Sama
1.
Guru dapat menunjukkan
contoh lain pengurangan pecahan berpenyebut sama.
2.
Siswa diajak menyimpulkan operasi
hitung pengurangan pecahan berpenyebut sama sebagai berikut.
Ayo Temukan
Jawabannya
1.
Siswa mengerjakan soal cerita
penjumlahan dan pengurangan pecahan. Minta siswa menjelaskan cara menjawabnya
secara tertulis.
2.
Siswa mengerjakan soal menemukan dua
pecahan atau lebih yang memiliki hasil 12 dengan penyebut sama. Siswa
diharapkan memberi jawaban yang berbeda.
·
Guru dapat mengingatkan siswa untuk
menjawab soal tersebut dengan menggunakan pecahan senilai jika perlu.
·
Guru juga mendorong siswa untuk
menggunakan gambar dalam menjawab agar siswa mudah memahami.
3.
Siswa menjawab 2 pertanyaan tentang
pecahan.
4.
Siswa mengambil kesimpulan tentang
penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Siswa harus menjelaskan
kesimpulannya kepada seorang teman
Kesimpulan yang diharapkan tentang penjumlahan dan
pengurangan pecahan berpenyebut sama:
·
Penjumlahan pecahan yang berpenyebut
sama dilakukan dengan menjumlahkan pembilang-pembilangnya. Penyebutnya tidak
perlu dijumlahkan.
·
Pengurangan pecahan yang berpenyebut
sama dilakukan dengan mengurangkan pembilang-pembilangnya. Penyebutnya tidak
perlu dikurangkan. (Penilaian no.1)
Ayo Belajar
1.
Siswa membaca informasi di buku siswa
tentang beberapa tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan.
Ayo Diskusikan
1.
Siswa berdiskusi dalam kelompok yang
terdiri atas 3 anak dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang:
§ manfaat
yang dapat diberikan tumbuhan dan hewan
§ akibat
yang ditimbulkan jika kita tidak dapat melestarikan keberadaan tumbuhan dan
hewan (Penilaian no. 2)
§ hal-hal
yang dapat siswa lakukan untuk menjaga kelestarian tumbuhan dan hewan di
lingkungannya (Penilaian no. 3)
Guru
bertanya:
·
apakah manusia dapat melakukan sesuatu
terhadap pelestarian tumbuhan dan hewan?
·
Apa saja tindakannya?
2.
Guru mengajak siswa bertanya tentang
hal-hal yang terkait tentang pelestarian tumbuhan dan hewan.
Ayo Renungkan
1.
Siswa menuliskan
perenungan di buku siswa.
2.
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150 Buku Guru.
Pengayaan
1.
Siswa membuat dua buah
soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan yang berpenyebut sama
(masing-masing satu soal). Siswa menunjukkan jawabannya dalam gambar, simbol, dan
kata-kata!
Remedial
1.
Siswa yang belum dapat
menyelesaikan soal-soal pecahan, dibimbing dengan mengerjakan 1-2 soal,
dengan menyelesaikannya menggunakan benda konkret (benda atau kertas yang
dibagi sesuai pecahan pada soal). Penggunaan tabel pecahan senilai, seperti
yang ada di subtema 1 akan sangat membantu pemahaman siswa karena siswa dapat
membandingkan besarnya suatu pecahan dengan pecahan lainnya.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa menuliskan
perenungan mereka di buku siswa.
2.
Guru menyampaikan pesan
moral untuk memanfaatkan Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku dengan
bijak.
3.
Guru memberikan pekerjaan
rumah untuk mengerjakan worksheet.
4.
Guru mengucapkan Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Apel, kertas origami.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
·
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
·
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja.
·
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 34 Sungai Limau
SURATI,S.Pd
Nip…………….
|
Sungai Limau, 02 November 2015
Guru Kelas 4
ADITYA CANDRA
Nip…………………..
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
SD N 34 Sungai Limau
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 3 :
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku (Keanekaragaman Makhluk Hidup
di Sekitar)
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: (5x35 menit)/ 1 hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
IPS
3.5 Memahami manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Matematika
3.1
Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar
4.3 Mengurai sebuah
pecahan menjadi hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya
dengan berbagai kemungkinan jawaban
PJOK
3.9 Memahami pengaruh
aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
4.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang
dilandasi konsep gerak melalui permainan sederhana dan atau tradisional
C.
INDIKATOR
IPS
·
Mempraktikkan
interaksi sosial dalam bentuk kerja sama
Matematika
·
Menemukan
hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut
berbeda
PJOK
·
Mendemonstrasikan
keterampilan gerakan lari yang divariasikan dengan lompat pada permainan
lompat katak
D.
TUJUAN
1.
Dengan
permainan lompat katak, siswa mampu menunjukkan gerakan lari dan lompat dengan
benar.
2.
Dengan
permainan lompat katak, siswa mampu menunjukkan sikap bekerja sama dengan
kelompoknya dengan baik.
3.
Setelah
bereksplorasi dengan benda konkret dan gambar, siswa mampu menentukan hasil
penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda dengan benar.
4.
Setelah
bereksplorasi dengan gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyelesaikan masalah
tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda dengan benar.
E.
MATERI
1.
Kegiatan
dilakukan dalam bentuk pemanasan, kegiatan inti, dan pendinginan, penjumlahan
pecahan berpenyebut sama, cara menyelesaikan soal penjumlahan berpenyebut
berbeda, Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK).
F.
PENDEKATAN
& METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak
siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.
4.
Menginformasikan Tema/Sub Tema yang
akan dibelajarkan.
5.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Tahukah Kamu?
Olahraga Lompat Katak
Siswa
melakukan kegiatan olahraga lompat katak. Kegiatan dilakukan dalam bentuk
pemanasan, kegiatan inti, dan pendinginan.
1.
Pemanasan
Siswa
melakukan peregangan tangan dan kaki untuk menghindari cedera otot ketika
olahraga berlangsung.
Siswa diajak
berimajinasi menirukan suara dan gerak binatang. Hal ini bertujuan untuk
menarik perhatian siswa; selain itu merupakan latihan kekuatan bagi kedua
lengan, gelang bahu, serta pelurusan tubuh sehingga perlu mendapat perhatian
yang saksama. Gagasan memanfaatkan gerak binatang merupakan gagasan yang baik
dan tidak akan ada habisnya untuk digali.
Guru memberi
instruksi dan bertanya:
·
Berjalan atau berlari menirukan gerak jalan atau
lari binatang.
·
Bagaimanakah anjing berlari? Bagaimanakah kepiting
berjalan? Bagaimanakah kucing berjalam ketika sedang marah? Bagaimanakah
singa laut berjalan?
Kegiatan ini
divariasikan dengan gerak lari maju-mundur, melompat dengan satu kaki
melompat dengan dua kaki ke depan dan ke belakang. Guru juga dapat melakukan
kegiatan lain sesuai kebutuhan.
2.
Kegiatan inti
Permainan
lompat katak yang dapat dilakukan oleh orang-orang semua usia ini bertujuan
untuk memelihara keseimbangan tubuh ketika diam atau bergerak.
Siswa dapat
melakukannya di lapangan rumput, tanah liat, atau bersemen.
·
Melompat adalah gerakan memindahkan badan dari
satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kedua kaki untuk menolak dan
dua kaki untuk mendarat. Untuk melakukannya dengan baik, kedua lengan harus
membantu dengan berayun ke atas, dan gerakan tubuh dikombinasikan dengan
dorongan dari kaki untuk mengangkat berat tubuh. Mendarat dengan bagian
bola-bola kaki dan lutut dibengkokan.
·
Melatih atau memperbanyak pengalaman anak dalam
melompat dan mendarat, tentunya akan meningkatkan efisiensi dari gerkan itu
sendiri, selain akan membantu anak dalam meningkatkan kekuatan dan daya tahan
dari otot-otot yang digunakan.
·
Siswa berlatih lompat katak di tempat, kemudian
lompat katak berpindah tempat dengan memajukan badan.
Cara bermain
·
Buatlah tanda di kedua ujung lapangan sebagai
titik awal dan akhir dengan kapur tulis.
·
Kelompokkan siswa, masing-masing terdiri atas 4-5
anak dengan tinggi dan berat badan yang hampir sama.
·
Minta setiap kelompok berbaris di belakang garis
awal.
·
Minta semua siswa berjongkok seperti katak,
menghadap ke arah yang sama. Posisi antarsiswa berjaraj 2-3 meter untuk
melatih kemampuan berlarinya.
·
Minta siswa bergantian melompati siswa lain di
dalam kelompoknya, mulai dari garis awal hingga garis akhir. Lompatan diawali
dari siswa yang berbaris paling belakang.
Ayo Diskusikan
1.
Siswa berdiskusi kelompok untuk
menjawab pertanyaan terkait permainan lompat katak.
·
Siswa dibagi dalam kelompok pada permainan lompat
katak. Ajak siswa untuk merefleksi sikap yang muncul saat bermain tadi. Tidak
tertutup kemungkinan ada siswa yang belum berinteraksi sosial dengan positif
dalam kelompoknya atau belum menunjukkan sikap pantang menyerah ketika
permainan lompat katak berlangsung.
·
Guru memberi umpan balik pada sikap postif siswa.
Ayo Cari Tahu
1.
Siswa membaca cerita tentang
katak-katak di kolam, kemudian mengerjakan soal pecahan terkait cerita
tersebut. Siswa diminta menggambar pecahan dan menuliskan pecahannya, baik
berupa pecahan sederhana maupun penjumlahan pecahan berpenyebut sama.
(Penilaian no. 3)
·
Guru berkeliling memriksa pekerjaan
siswa. Mereka mengingat kembali konsep pecahan senilai yang sebelumnya
dipelajari. Siswa juga dapat dimotivasi untuk memvisualisasikan soal cerita
yang ada berupa gambar yang mewakili pecahan.
Ayo Belajar
1. Siswa
mengenal cara lain mengerjakan penjumlahan pecahan berpenyebut sama, yaitu
dengan gambar kotak-kotak. Minta siswa memperhatikan jumlah kotak yang
diarsir berdasarkan besarnya pecahan yang diminta.
2. Siswa
mengetahui cara mengerjakan soal penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda,
yaitu dengan gambar kotak-kotak. Pada tahap ini siswa harus mengubah
pecahanpecahan tersebut menjadi pecahan yang berpenyebut sama.
3. Siswa
berdiskusi dalam kelompok untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang cara
menyelesaikan soal penjumlahan berpenyebut berbeda.
Guru
menuliskan satu soal penjumlahan tadi di papan tulis dan meminta siswa menemukan
cara berikutnya. Disimpulkan bahwa cara menyelesaikan soal penjumlahan
berpenyebut berbeda adalah dengan menyamakan penyebutnya dengan mencari KPK
dari penyebut-penyebut tersebut.
Penjumlahan
pecahan yang berpenyebut berbeda dilakukan dengan aturan berikut ini.
a. Menyamakan
penyebutnya dengan KPK kedua bilangan.
b. Menjumlahkan
pecahan baru seperti pada penjumlahan pecahan berpenyebut sama.
Ayo Mencoba
1.
Siswa mengerjakan soal lain tentang
penjumlahan berpenyebut beda.
2.
Siswa menyimpulkan kegiatan menjumlahkan
dan mengurangkan pecahan berpenyebut beda.
Temukan
Jawabannya
1.
Siswa mengerjakan soal hitung
penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut beda dengan cara menyamakan
dua penyebut dengan KPK kedua bilangan.
Ayo Berlatih
1. Siswa
menyelesaikan soal cerita tentang 4 katak yang ingin mencapai daratan di
tengah kolam dengan mengumpulkan beberapa pecahan yang berjumlah 1. Siswa
diminta menunjukkan proses menyelesaikan masalahnya dalam bentuk gambar dan
lainnya.
2. Siswa
diperintahkan untuk mengerjakan worksheet.
Ayo Renungkan
1.
Siswa menuliskan
perenungan di buku siswa.
2.
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150 Buku Guru.
Pengayaan
1.
Siswa membuat sebuah soal cerita
penjumlahan dan pengurangan pecahan yang berpenyebut berbeda.
2.
Siswa menunjukkan jawabannya dalam
gambar, simbol, dan kata-kata.
Remedial
1.
Siswa yang belum dapat mengerjakan
soal-soal hitung penjumlahan dan pengurangan berpenyebut beda harus mengulang
lagi soal-soal yang salah.
2.
Guru mengelompokkan siswa-siswa tersebut
dan meminta mereka untuk mencoba mengerjakannya secara berpasangan, kemudian
menuliskan kembali jawabannya secara individu. Guru juga memberi soal-soal
sederhana untuk dikerjakan siswa.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa menuliskan perenungan
mereka di buku siswa.
2.
Guru menyampaikan pesan
moral untuk memanfaatkan Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku dengan
bijak.
3.
Guru mengucapkan Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Kapur tulis atau
penanda lainnya, kertas origami, pensil warna atau spidol.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
·
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
·
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja.
·
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 34 Sungai Limau
SURATI,S.Pd
Nip…………….
|
Sungai Limau, 02 November 2015
Guru Kelas 4
ADITYA CANDRA
Nip…………………..
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
SD N 34 Sungai Limau
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 :
Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku (Keanekaragaman Makhluk Hidup
di Sekitar)
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: (5x35 menit)/ 1 hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
SBdP
3.2 Mengenal gambar alam
benda, dan kolase
4.2 Membuat karya seni
kolase dengan berbagai bahan di lingkungan sekitar
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA
3.2 Mendeskripsikan daur
hidup beberapa jenis mahluk hidup
4.2 Menyajikan secara tertulis
hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
C.
INDIKATOR
SBdP
·
Berkreasi
membuat karya kolase tanaman padi dengan bahan bekas
Bahasa Indonesia
·
Menjawab
pertanyaan bacaan tentang teks petualangan mengenal pertumbuhan padi setelah
membaca teks
·
Menceritakan
kembali teks pe-tualangan mengenal pertumbuhan padi secara runtut dan
menggunakan kosakata baku dalam bentuk tulisan
IPA
·
Mengurutkan
daur hidup padi dalam bentuk bagan
D.
TUJUAN
1.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menjawab pertanyaan bacaan tentang teks petualangan
dengan benar.
2.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menuliskan kembali teks petualangan dengan urutan dan
kosakata baku dengan benar.
3.
Setelah
membaca teks, siswa mampu mengurutkan dan menjelaskan daur hidup padi dalam
bentuk bagan.
4.
Dengan menggunakan
bahan bekas, siswa mampu menghasilkan karya seni kolase tanaman padi
berdasarkan langkah-langkah yang diberikan dengan benar.
E.
MATERI
1.
Cerita
petualangan Beni dan ayahnya yang pergi ke Karawang, Jawa Barat, untuk mengenal
lebih jauh tentang tanaman padi yang merupakan salah satu makanan pokok
sebagian besar masyarakat Indonesia, membaca dengan jeda sesuai tanda baca,
misalnya jika ada tanda koma, membaca kamus.
2.
F.
PENDEKATAN
& METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak
siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.
4.
Menginformasikan Tema/Sub Tema yang
akan dibelajarkan.
5.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Tahukah Kamu?
1.
Siswa membaca cerita petualangan Beni
dan ayahnya yang pergi ke Karawang, Jawa Barat, untuk mengenal lebih jauh
tentang tanaman padi yang merupakan salah satu makanan pokok sebagian besar
masyarakat Indonesia.
Kabupaten
Karawang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu
kotanya adalah Karawang. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Bekasi dan
Kabupaten Bogor di barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur,
Kabupaten Purwakarta di tenggara, serta Kabupaten Cianjur di selatan.
Penduduk
Kabupaten Karawang mempunyai mata pencaharian yang beragam, tetapi di
sejumlah kecamatan, mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani atau
pembajak sawah karena Kabupaten Karawang adalah daerah penghasil padi.
·
Guru menunjukkan padi atau beras untuk
menarik minat siswa. Guru bertanya kepada siswa tentang hal-hal apa saja yang
siswa ketahui tentang padi atau beras ini.
·
Guru meminta siswa membaca nyaring
secara bergantian sesuai instruksi guru. Minta siswa untuk membaca dengan
jeda sesuai tanda baca, misalnya jika ada tanda koma, membacanya harus
berhenti sejenak, sedangkan jika ada tanda titik, ia harus berhenti.
·
Guru juga meminta siswa membaca dengan
intonasi yang benar sesuai tanda baca, seperti tanda tanya atau tanda seru.
·
Guru meminta siswa membaca kembali
teks tadi dengan membaca senyap agar lebih paham. Siswa juga dapat membaca
pertanyaan bacaan terlebih dahulu agar mereka mengetahui informasi yang harus
dicarinya di dalam teks.
·
Guru memotivasi siswa untuk
menggarisbawahi hal-hal penting yang ada di dalam teks untuk memudahkan
menjawab pertanyaan.
Ayo
Temukan Jawabannya
1.
Siswa menjawab pertanyaan secara
individu dengan membaca teks. Beri waktu 10 menit untuk mengerjakan.
·
Guru berkeliling melihat proses siswa
menulis jawaban pertanyaan berdasarkan teks. Periksa apakah ada siswa yang
memerlukan bantuan.
·
Guru dapat memotivasi siswa untuk membaca
kamus jika ada kata-kata yang tidak dipahami. Guru juga dapat memberikan
informasi tentang beberapa arti kata kepada siswa yang bertanya.
2.
Siswa menukar jawaban dengan seorang
teman, kemudian mendiskusikannya dengan teman tersebut jika ada perbedaan jawaban
di antara mereka.
Guru
bertanya:
·
Apa manfaat yang kamu dapat setelah
menukar jawaban dengan temanmu?
·
Apa yang akan kamu lakukan dengan
jawabanmu setelah diskusi tadi?
Ayo
Ceritakan
1.
Siswa menceritakan kembali teks tadi
secara runtut dengan menggunakan kosakata baku melalui tulisan. Beri waktu
paling lama 20 menit untuk mengerjakannya.
2.
Setelah selesai, siswa menunjukkan
hasil tulisannya kepada seorang teman yang berbeda (bukan teman yang diajak
berdiskusi tentang menjawab pertanyaan bacaan). Tiap siswa memberi komentar
secara tertulis tentang hasil tulisan pasangannya.
·
Guru meminta beberapa pasangan siswa untuk
menyampaikan hasil tulisan dan komentar mereka. Beri apresiasi kepada mereka
karena telah mengerjakan tugas ini dengan sungguh-sungguh.
·
Guru memberi komentar positif terhadap presentasi
tiap pasangan. Jika hasil siswa belum sesuai harapan, tetap beri mereka
apresiasi agar tetap percaya diri dalam berkarya.
·
Guru juga dapat memberi kesempatan kepada siswa
lain untuk memberi komentar dan atau saran bagi teman-temannya. Dari kegiatan
ini, akan terjadi proses pertukaran pengetahuan tentang memberi komentar dan
saran.
·
Guru juga membimbing siswa untuk menyampaikan
pendapatnya dengan santun dan menggunakan kosakata baku. Komentar siswa dapat
diawali dengan “Menurut Pendapatku...”
Ayo Lakukan
1.
Siswa menyusun daur hidup padi
berdasarkan teks di awal dan menjelaskan setiap tahap daur hidupnya.
·
Guru meminta siswa untuk menulis dengan kosakat
baku, mengunakan huruf kapital dan tanda bacadengan tepat.
Ayo Berkreasi
1.
Siswa membuat karya kolase tentang
tanaman padi dengan menggunakan bahan bekas.
·
Sebelum memulai kegiatan, guru meminta beberapa
siswa untuk menceritakan hal-hal yang telah mereka ketahui sebelumnya tentang
kolase.
·
Guru berkeliling melihat pekerjaan siswa. Siswa
diharapkan dapat mengerjakan dengan rapi dan tepat waktu.
·
Guru meminta siswa membuat judul kolasenya dengan
huruf-huruf yang ada di koran atau majalah bekas. Jadi siswa tidak perlu
menulis.
·
Guru meminta siswa bercerita tentang padi di bawah
kolasenya dengan menggunakan kertas tulis yang ditempel.
2.
Siswa menceritakan hasil karya
kolasenya kepada seorang teman yang berbeda dari dua kegiatan sebelumnya.
Siswa membaca beberapa pertanyaan yang dapat membantu siswa melakukannya.
Ayo Renungkan
1.
Siswa menuliskan
perenungan di buku siswa.
2.
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
1.
Siswa mencari informasi di
perpustakaan tentang makanan pokok lain yang dikonsumsi oleh masyarakat
Indonesia.
Remedial
1.
Siswa yang belum dapat
menjawab pertanyaan bacaan tentang pertumbuhan padi dapat mengulang kembali
tugas tersebut. Guru membimbing siswa untuk menjelaskan lebih rinci tentang
teks tadi.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa menuliskan
perenungan mereka di buku siswa.
2.
Guru menyampaikan pesan
moral untuk memanfaatkan Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku dengan
bijak.
3.
Guru memberikan pekerjaan
rumah untuk mengerjakan worksheet.
4.
Guru mengucapkan Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Padi dan atau beras,
kalender bekas, kertas gambar atau karton untuk media kolase, koran dan majalah
bekas, pewarna hijau dan cokelat, lem, pensil, gunting.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja.
·
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 34 Sungai Limau
SURATI,S.Pd
Nip…………….
|
Sungai Limau, 02 November 2015
Guru Kelas 4
ADITYA CANDRA
Nip…………………..
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
SD N 34 Sungai Limau
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku (Keanekaragaman Makhluk Hidup
di Sekitar)
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu : (5x35 menit) (5x35 menit)/ 1 hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Evaluasi
Matematika
3.13 Memahami pecahan
senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda konkret/gambar
4.13 Mengurai sebuah
pecahan menjadi hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya
dengan berbagai kemungkinan jawaban
C.
INDIKATOR
·
Menentukan
jawaban dari soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut sama
·
Menentukan
jawaban dari soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut berbeda
·
Membuat
soal cerita tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan yang merupakan bagian
dari kelompok dan menjawabnya dengan benar
D.
TUJUAN
1. Setelah mengamati gambar, siswa mampu menyelesaikan masalah
tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan berpenyebut
berbeda dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, siswa mampu membuat soal cerita tentang
penjumlahan atau pengurangan pecahan yang merupakan bagian dari kelompok dan
menjawabnya dengan benar.
E.
MATERI
1.
Soal cerita
penjumlahan dan pengurangan pecahan.
F.
PENDEKATAN
& METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak
siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.
4.
Menginformasikan Tema/Sub Tema yang
akan dibelajarkan.
5.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo
Belajar
1.
Siswa mengenal soal tentang
penjumlahan dan pengurangan pecahan yang terkait dengan pecahan yang
merupakan bagian dari kelompok.
·
Guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa. Guru
memberi pertanyaan yang membantu pemahaman siswa.
Ayo Berlatih
1.
Siswa mengerjakan soal cerita dengan
mandiri.
2.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan
di dalam buku siswa.
·
Guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa.
·
Guru memastikan siswa mengerjakan dengan mandiri.
Motivasi merke agar percaya diri dalam mengerjakan soal, tidak perlu takut
salah. Jika mereka salah, mereka harus bisa belajar dari kesalahan itu dan
memperbaikinya.
Ayo Mencoba
1.
Siswa membuat soal cerita penjumlahan
dan pengurangan pecahan.
·
Guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa.
·
Guru meminta siswa membuat soal yang berhubungan
dengan tema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku.
Evaluasi
1.
Siswa menjawab soal-soal tentang
pembelajaran minggu ini.
2.
Siswa juga menjawab soal-soal
worksheet.
Ayo Renungkan
1.
Siswa menuliskan
perenungan di buku siswa.
2.
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150 Buku Guru.
Remedial
1.
Siswa yang belum dapat
menjawab pertanyaan dalam bagian evaluasi akan mengerjakan lagi soal yang
sama. Di awal, guru membimbing siswa dalam mengerjakan soal-soal tersebut,
kemudian minta mereka mengerjakan dengan mandiri.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa menuliskan
perenungan mereka di buku siswa.
2.
Guru menyampaikan pesan
moral untuk memanfaatkan Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku dengan
bijak.
3.
Guru mengucapkan Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku
Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4.
3.
Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software Pengajaran
SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
5.
Video/slide/buklet/pamflet/gambar
tentang Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku Daun kering atau bahan lain
dari alam dan bulu ayam/burung/bebek.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
·
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
·
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja.
·
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 34 Sungai Limau
SURATI,S.Pd
Nip…………….
|
Sungai Limau, 02 November 2015
Guru Kelas 4
ADITYA CANDRA
Nip…………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar