RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 34 Sungai Limau
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu : 8 x 35
menit (4 X pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
B.
Standar Kompetensi :
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam
pemecahan masalah
C.
Kompetensi
Dasar
1.3 Melakukan
operasi perkalian dan pembagian
D.
Tujuan
Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka
§ Siswa dapat Mengalikan bilangan satu angka dengan tiga angka
§ Siswa dapat Mengalikan
bilangan sepuluh secara berulang
§ Siswa dapat Mengalikan
bilangan kelipatan sepuluh
§ Siswa dapat Melakukan
pembagian tanpa sisa
§ Siswa dapat Melakukan
pembagian bersisa
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
E.
Materi
Ajar
Operasi Hitung Bilangan
§ Operasi Hitung Perkalian dan
Pembagian
F.
Metode
Pembelajaran
Percobaan, tanya jawab, dan Latihan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengulang materi
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Melakukan operasi
perkalian dan pembagian
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dan observasi terhadap
jumlah beberapa kelompok benda yang memiliki jumlah anggota yang sama banyak,
analisis dan diskusi untuk dapat mengalikan bilangan satu angka dengan dua
angka dan bilangan satu angka dengan tiga angka
F Latihan dengan fasilitas soal
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya
Pertemuan ke 2
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengulang kembali materi sebelumnya dan membahas tugas
rumah..
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Melakukan operasi
perkalian dan pembagian
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendemonstrasikan
operasi perkalian dan pembagian dengan jari tangan untuk dapat mengalikan
bilangan sepuluh secara berulang dan Mengalikan bilangan kelipatan sepuluh
F Latihan dengan fasilitas soal
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan materi
F
Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
Pertemuan ke 3
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Memberikan permainan berhubungan dengan materi sebelumnya
untuk mengingatkan siswa.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi
perkalian dan pembagian dengan cara bersusun
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi dan latihan dengan
fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 4
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Membahas materi sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi
perkalian dan pembagian dengan cara bersusun
F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi
perkalian dan pembagian dengan jari tangan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi dan latihan dengan
fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
§ Matematika SD untuk Kelas IV
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4
§ Benda-benda yang dapat dikelompokan dalam jumlah yang sama banyak
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengalikan bilangan satu angka
dengan bilangan dua angka dan tiga angka
o Mengalikan bilangan 10 secara
berulang dan bilangan kelipatan 10
o Mengalikan Bilangan dua angka
dengan bilangan dua angka dan tiga angka
o Menghitung pembagian dengan cara
tak bersisa dan dengan sisa
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
o 8 x 12 = n, n yang benar adalah
...
o 7 x 236 = ...
o 10 x 10 = ...
o 10 x 10 x 10 = ...
o 1000 x 1000 = ...
o 23 x 24 = n, n yang benar adalah
....
o 148 x 286 = ....
o 1.384 : 173 = ....
o = ....
o 121 : 7 = ... sisa ...
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Amat Baik
* Baik
* Cukup Baik
* Kurang
* Amat Baik
* Baik
* Cukup Baik
* Kurang
|
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Badu
Bani
Burhan
Cici
Linda
|
4
3
2
1
3
|
4
2
3
3
4
|
4
4
3
2
2
|
12
9
8
6
9
|
(12:12)x100 = 100
75
67
50
75
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Sungai
Limau, 20 0ktober 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 34 Sungai Limau Guru Matematika Kelas IV
.................................. Aditya
Candra,S.Pd
NIP : NIP
: 101010298367
Tidak ada komentar:
Posting Komentar