Rabu, 24 Desember 2014

contoh rpp



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDN 34 Sungai Limau
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :  8 x 35 menit  (4 X pertemuan) 
A.    Kompetensi Inti   
     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

B.     Standar  Kompetensi      :          
1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

C.    Kompetensi Dasar
1.3  Melakukan operasi perkalian dan pembagian

D.    Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka
§  Siswa dapat Mengalikan bilangan satu angka dengan tiga angka
§  Siswa dapat Mengalikan bilangan sepuluh secara berulang
§  Siswa dapat Mengalikan bilangan kelipatan sepuluh
§  Siswa dapat Melakukan pembagian tanpa sisa
§  Siswa dapat Melakukan pembagian bersisa

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

E.     Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan
§  Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian

F.     Metode Pembelajaran
Percobaan, tanya jawab, dan Latihan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengulang  materi sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi perkalian dan pembagian
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dan observasi terhadap jumlah beberapa kelompok benda yang memiliki jumlah anggota yang sama banyak, analisis dan diskusi untuk dapat mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka dan bilangan satu angka dengan tiga angka
F Latihan dengan fasilitas soal
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

Pertemuan ke 2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengulang kembali materi sebelumnya dan membahas tugas rumah..
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi perkalian dan pembagian
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan jari tangan untuk dapat mengalikan bilangan sepuluh secara berulang dan Mengalikan bilangan kelipatan sepuluh
F Latihan dengan fasilitas soal
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

Pertemuan ke 3
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Memberikan permainan berhubungan dengan materi sebelumnya untuk mengingatkan siswa.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan cara bersusun
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 4
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Membahas materi sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan cara bersusun
F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan jari tangan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
§  Matematika SD untuk Kelas IV
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
§  Benda-benda yang dapat dikelompokan dalam jumlah yang sama banyak

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengalikan bilangan satu angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
o  Mengalikan bilangan 10 secara berulang dan bilangan kelipatan 10
o  Mengalikan Bilangan dua angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
o  Menghitung pembagian dengan cara tak bersisa dan dengan sisa

Tugas Individu dan Kelompok







Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif



o  8 x 12 = n, n yang benar adalah ...
o  7 x 236 = ...
o  10 x 10 = ...
o  10 x 10 x 10 = ...
o  1000 x 1000 = ...
o  23 x 24 = n, n yang benar adalah ....
o  148 x 286 = ....
o  1.384 : 173 = ....
o  = ....
o  121 : 7 = ... sisa ...


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Amat Baik
* Baik
* Cukup Baik
* Kurang
* Amat Baik
* Baik
* Cukup Baik
* Kurang
4
3
2
1
4
3
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.

2.
3.
4.
5.
Badu

Bani
Burhan
Cici
Linda
4

3
2
1
3
4

2
3
3
4
4

4
3
2
2
12

9
8
6
9
(12:12)x100 = 100
75
67
50
75
 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        Sungai Limau, 20 0ktober 2014
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SDN 34 Sungai Limau              Guru Matematika Kelas IV

          ..................................                                            Aditya Candra,S.Pd
NIP :                                                                     NIP : 101010298367

Tidak ada komentar:

Posting Komentar