PEMBELAJARAN ADM DI SD
“PENYUSUNAN PROTA”
Dipresentasikan Oleh :
ADITYA CANDRA/ 13100365
Prodi : Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD)
Dosen Pengampu:
Ir. Alfadila Hasan, IPP, MM
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) NASIONAL PADANG PARIAMAN
2016/2017
(STKIP) NASIONAL PADANG PARIAMAN
2016/2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan ke hadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nyalah makalah ini dapat
terselesaikan tepat pada waktunya, Guna memenuhi persyaratan dalam
menyelesaikan tugas mata kuliah “Pengelolaan ADM
Pembelajaran Di SD”.
Makalah ini juga tidak terlepas dari bantuan semua pihak yang telah banyak memberikan saran, petunjuk, dan bimbingan serta bantuan baik moril maupun materi secara langsung maupun tidak langsung. Semoga bantuan dan kerjasama yang telah diberikan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan.
Kami selaku penulis sangat menyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis meminta kepada para pembaca dapat memberikan kritik serta saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan makalah ini. Namun penulis berharap, para pembaca bisa mendapat informasi yang banyak dari makalah ini.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat memberi banyak manfaat bagi para pembaca, demi kemajuan dimensi pendidikan di Kota Pariaman dan khususnya di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nasional Padang Pariaman.
Makalah ini juga tidak terlepas dari bantuan semua pihak yang telah banyak memberikan saran, petunjuk, dan bimbingan serta bantuan baik moril maupun materi secara langsung maupun tidak langsung. Semoga bantuan dan kerjasama yang telah diberikan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan.
Kami selaku penulis sangat menyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis meminta kepada para pembaca dapat memberikan kritik serta saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan makalah ini. Namun penulis berharap, para pembaca bisa mendapat informasi yang banyak dari makalah ini.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat memberi banyak manfaat bagi para pembaca, demi kemajuan dimensi pendidikan di Kota Pariaman dan khususnya di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nasional Padang Pariaman.
Pauh Kambar,
Maret 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................................
page I
DAFTAR ISI................................................................................................
page II
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
..........................................................................
page III
B. Rumusan Masalah
..................................................................... page III
C. Tujuan
Penulisan.........................................................................
page III
BAB
II PEMBAHASAN
1.
Pengertian
Program Tahunan………………….……... page 1
2.
Langkah Penyusunan Program tahunan……………… page
1-2
3.
Contoh Format Analisis Pekan Efektif,
Program Tahunan….......................................................…... page 3
Program Tahunan….......................................................…... page 3
4.
Format Program Tahunan…………………….……….. page 3
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan
.................................................................................
page 4
B. Saran
..........................................................................................
page 4
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang
perencanaan Untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang
efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya
adalah program satu tahun dan program semester
yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan
Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan mencuplik agar kita semua bisa
mengetahui apa itu program tahunan dan program semester.
- Rumusan Masalah
1.
Apakah program tahunan itu?
2.
Bagaimana cara menyusun program tahunan?
3.
Bagaimana bentuk format program tahunan?
- Tujuan
1.
Untuk memahami pengertian program tahunan.
2.
Untuk mengetahui cara menyusun program tahunan.
3.
Untuk mengetahui format program tahunan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Program Tahunan
Program tahunan merupakan program
umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata
pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan
oleh guru sebelum tahun ajaran, karena Program Tahunan berisi tentang
garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh
guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan
dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan
pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester,
mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian
komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata
pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi
waktu dan keterangan.
Dalam
program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang
harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan
program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk
setiap kompetensi dasar.
B.
Langkah Penyusunan Program tahunan
- Hitung
alokasi waktu dalam setahun berdasarkan kalender pendidikan yang
diterbitkan oleh satuan pendidikan..
Hal – hal yang diperhatikan adalah :
a.
banyaknya pekan dalam setiap bulan
b.
jumlah pekan efektif per bulan (pekan
dimana terjadi KBM)
c.
jumlah pekan tidak efektif (pekan dimana
tidak terjadi KBM misal HUT Sekolah, Hari libur umum dll)
d.
total pekan, pekan efektif, pekan tidak
efektif per tahun.
- Hitung
alokasi waktu per semester
Hal-hal yang diperhatikan sama dengan perhitungan alokasi waktu dalam setahun. - Menentukan jumlah jam efektif per
semester
Hal-hal yang diperhatikan adalah :
a.
Banyaknya pekan efektif pada perhitungan alokasi
waktu per semester dikurangi pekan tidak efektifnya. Contoh : Pekan dalam
semester ini 26 pekan, yang tidak efektif 9 pekan maka pekan efektif adalah
26-9=17 Pekan.
b.
Jam efektif semester adalah hasil
perkalian pekan efektifdengan jumlah jam pelajaran per minggu. Misal : kelas I Jumlah jam per minggu 24 jam. Maka
jam pelajaran efektif per semester adalah 17 x 24 jam pel = 408 jam pel.
- Distribusi
alokasi waktu
Hal-hal yang diperhatikan adalah :
a.
Hitung banyaknya kompetensi dasar dalam
semester berjalan.
b.
Tentukan kedalaman dan keluasan materi
pada Kompetensi Dasar tersebut.
c.
Sebarkan jam efektif yang telah dihitung
pada setiap Kompetensi Kasar berdasarkan keluasan dan kedalamannya.
d.
jabarkan hasil penyebaran tersebut pada
matriks yang telah dilengkapi dengan bulan dan minggu selama 1 semester dengan
memperhatikan juga minggu / hari tidak efektif.
C.
Contoh
Format Analisis Pekan Efektif, Program Tahunan
1.
Format Analisis Pekan Efektif
Semester
|
Bulan
|
Jumlah Minggu
|
Minggu
efektif
|
Minggu tdk
efektif
|
Keterangan
|
I
|
Juli
|
||||
Agustus
|
|||||
September
|
|||||
Oktober
|
|||||
November
|
|||||
Desember
|
|||||
Jumlah
|
Pariaman, ................... 2016
Guru Mata
Pelajaran
(----------------------------)
D.
Format
Program Tahunan
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah :
............................
Mata Pelajaran : ..........................
Kelas/semester :
...........................
Alokasi Waktu : …………………
Tahun Ajaran : ………………..
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Program tahunan
adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh
kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat tercapai. Program semester merupakan
salah satu bagian dai program pembelajaran yang memuat alokasi waktu untuk
setiap topik satuan bahasan pada setiap semester. Pengalokasian waktu pada
program semester deberikan secara lebih rinci daripada pro ta. Sedangkan Pekan efektif adalah
hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Cara
menentukan Pekan efektif
yaitu dengan cara mengurangi jumlah minggu pada satu tahun dengan jumlah minggu
tidak efektif selama satu tahun.
- SARAN
Penulis
menyadari makalah ini masih banyak kekurangannya. Maka dari itu penulis butuh
kritik dan saran serta dukungan dari dosen pembimbing dan pembaca. Walaupun
demikian penulis berharap makalah ini dapat menambah wawasan dan ilmu
pengetahuan serta bermanfaat bagi pembaca sehingga dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari.
DAFTAR
PUSTAKA
Suharsimi Arikunto, Penilaian
program pendidikan, Cet 1(Jakarta: PT. BINA AKSARA, 1988)
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain
Sistem Pembelajaran, Cet.3(Jakarta: Kencana, 2010), Hal. 52
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2008) Hal. 95
http://kaduajatodakna.blogspot.com/2012/12/makalah-program-tahunan-dan-program.html
(di akses selasa 09 agustus 2016 jam 08:37)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar