Selasa, 23 Agustus 2016

makalah tentang Penyusunan PROTA KTSP 2006



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nyalah makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya, Guna memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan tugas mata kuliah “Pengelolaan ADM Pembelajaran Di SD”.
            Makalah ini juga tidak terlepas dari bantuan semua pihak yang telah banyak memberikan saran, petunjuk, dan bimbingan serta bantuan baik moril maupun materi secara langsung maupun tidak langsung. Semoga bantuan dan kerjasama yang telah diberikan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan.
            Kami selaku penulis sangat menyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis meminta kepada para pembaca dapat memberikan kritik serta saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan makalah ini. Namun penulis berharap, para pembaca bisa mendapat informasi yang banyak dari makalah ini.
            Akhir kata, semoga makalah ini dapat memberi banyak manfaat bagi para pembaca, demi kemajuan dimensi pendidikan di Kota Pariaman dan khususnya di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nasional Padang Pariaman. 


                                                                          
          Pauh Kambar,   Maret  2016


 Penulis




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................... page I
DAFTAR ISI................................................................................................ page II
BAB I PENDAHULUAN                     
A.    Latar Belakang .............................................................................. page III
B.     Rumusan Masalah .......................................................................... page III
C.     Tujuan Penulisan............................................................................. page III
BAB II PEMBAHASAN
1.       Pengertian Program Tahunan…………………………………... page 1
2.      Langkah Penyusunan Program tahunan………………………… page 1-2
3.      Contoh Format Analisis Pekan Efektif, Program Tahunan……... page 3
4.      Format Program Tahunan……………………………………….. page 3
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ...................................................................................... page 4
B.     Saran ................................................................................................ page 4
DAFTAR PUSTAKA








BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang perencanaan Untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya adalah program satu tahun dan program semester  yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan
Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan mencuplik agar kita semua bisa mengetahui apa itu program tahunan dan program semester.
  1. Rumusan Masalah
1.        Apakah program tahunan itu?
2.        Bagaimana cara menyusun program tahunan?
3.        Bagaimana bentuk format program tahunan?
  1. Tujuan
1.            Untuk memahami pengertian program tahunan.
2.            Untuk mengetahui cara menyusun program tahunan.
3.            Untuk mengetahui format program tahunan.





 

BAB II
PEMBAHASAN
A.            Pengertian Program Tahunan
            Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, karena Program Tahunan berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan.
            Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.

B.                 Langkah Penyusunan Program tahunan
  1. Hitung alokasi waktu dalam setahun berdasarkan kalender pendidikan yang
    diterbitkan oleh satuan pendidikan..
    Hal – hal yang diperhatikan adalah :
a.       banyaknya pekan dalam setiap bulan
b.      jumlah pekan efektif per bulan (pekan dimana terjadi KBM)
c.       jumlah pekan tidak efektif (pekan dimana tidak terjadi KBM misal HUT Sekolah, Hari libur umum dll)
d.      total pekan, pekan efektif, pekan tidak efektif per tahun.
  1. Hitung alokasi waktu per semester
    Hal-hal yang diperhatikan sama dengan perhitungan alokasi waktu dalam setahun.
  2.  Menentukan jumlah jam efektif per semester
    Hal-hal yang diperhatikan adalah :
a.        Banyaknya pekan efektif pada perhitungan alokasi waktu per semester dikurangi pekan tidak efektifnya. Contoh : Pekan dalam semester ini 26 pekan, yang tidak efektif 9 pekan maka pekan efektif adalah 26-9=17 Pekan.
b.      Jam efektif semester adalah hasil perkalian pekan efektifdengan jumlah jam pelajaran per minggu. Misal :  kelas I Jumlah jam per minggu 24 jam. Maka jam pelajaran efektif per semester adalah 17 x 24 jam pel = 408 jam pel.
  1. Distribusi alokasi waktu
    Hal-hal yang diperhatikan adalah :
a.       Hitung banyaknya kompetensi dasar dalam semester berjalan.
b.      Tentukan kedalaman dan keluasan materi pada Kompetensi Dasar tersebut.
c.       Sebarkan jam efektif yang telah dihitung pada setiap Kompetensi Kasar berdasarkan keluasan dan kedalamannya.
d.      jabarkan hasil penyebaran tersebut pada matriks yang telah dilengkapi dengan bulan dan minggu selama 1 semester dengan memperhatikan juga minggu / hari tidak efektif.







C.             Contoh Format Analisis Pekan Efektif, Program Tahunan
1.      Format Analisis Pekan Efektif
Semester
Bulan
Jumlah Minggu
Minggu efektif
Minggu tdk efektif
Keterangan
I
Juli





Agustus





September





Oktober





November





Desember





Jumlah




Pariaman, ................... 2016                                       
Guru Mata Pelajaran
(----------------------------)

D.            Format Program Tahunan
PROGRAM  TAHUNAN
Nama Sekolah             : ............................
Mata Pelajaran             :  ..........................
Kelas/semester             :  ...........................
Alokasi Waktu             : …………………
Tahun Ajaran               :  ………………..

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
1.




2.




3.




BAB III
PENUTUP


A.    KESIMPULAN
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat tercapai. Program semester merupakan salah satu bagian dai program pembelajaran yang memuat alokasi waktu untuk setiap topik satuan bahasan pada setiap semester. Pengalokasian waktu pada program semester deberikan secara lebih rinci daripada pro ta. Sedangkan Pekan efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Cara menentukan Pekan efektif yaitu dengan cara mengurangi jumlah minggu pada satu tahun dengan jumlah minggu tidak efektif selama satu tahun.


  1. SARAN
Penulis menyadari makalah ini masih banyak kekurangannya. Maka dari itu penulis butuh kritik dan saran serta dukungan dari dosen pembimbing dan pembaca. Walaupun demikian penulis berharap makalah ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan serta bermanfaat bagi pembaca sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.







DAFTAR PUSTAKA
Suharsimi Arikunto, Penilaian program pendidikan, Cet 1(Jakarta: PT. BINA AKSARA, 1988)
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet.3(Jakarta: Kencana, 2010), Hal. 52
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008) Hal. 95

Tidak ada komentar:

Posting Komentar