RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN 34 Sungai Limau
Kelas / semester : 4 / 1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Alokasi waktu : (2 x 35
menit)
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan
fungsinya.
B. KOMPETENSI DASAR
2.1
Menjelaskan bagian-bagian tumbuhan dengan fungsinya.
C.
INDIKATOR
2.1.1. Menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan.
2.1.2. Menjelaskan fungsi
masing-masing bagian tumbuhan.
2.1.3. Membedakan tumbuhan
berdasarkan bagian tumbuhan (seperti; bentuk akar, batang, daun, dan biji).
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
2.1.1.Melalui penjelasan
guru, siswa dapat Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan dengan benar.
2.1.2. Melalui gambar, siswa
dapat Menjelaskan fungsi masing-masing bagian tumbuhan dengan benar.
2.1.3.Melalui diskusi, siswa dapat membedakan
tumbuhan berdasarkan bagian tumbuhan(seperti; bentuk akar, batang, daun, dan
biji) dengan tepat.
E. MATERI AJAR
SUSUNAN DAN FUNGSI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN (TERLAMPIR)
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Ceramah
2.
Penugasan
3.
Diskusi
4.
Tanya jawab
MODEL
PEMBELAJARAN :
PICTURE AND
PICTURE
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Do'a, salam,
2. Mengecek kehadiran siswa
3. Menyiapkan siswa secara fisik dan
psikis dengan memberikan persepsi awal mengenai materi yang di ajarkan.
4. Menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan mengenai bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran
dan kompetensi dasar yang akan dicapai setelah dilaksanakannya kegiatan pembelajaran.
|
5 menit
|
Inti
|
1. Guru Menyajikan materi sebagai
pengantar pelajaran.
2. Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
3. Guru menunjuk/memanggil peserta didik
secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang
logis.
4. Siswa di
minta untuk menempelkan gambar sesuai urutan /posisi gambar yang benar.
5. Guru menanyakan alasan/dasar
pemikiran urutan gambar tersebut.
6. Guru
memulai menanamkan konsep materi sesuai dengan kompetensi yang ingin
dicapai.
7. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2 orang yang di pilih
secara acak, dimana tugas masing-masing kelompok yaitu:
Ø menyebutkan
bentuk akar, batang, daun, buah, dan biji dan tergolong ke dalam tumbuhan
dikotil atau monokotilkah tumbuhan tersebut?
8. Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas,dan kelompok lain
menanggapi hasil diskusi kelompok tersebut.
9. Guru
meluruskan kesalahpahaman yang terjadi di dalam diskusi.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru bersama-sama
menyimpulkan tentang pembelajaran hari ini.
2. Siswa bersama guru melakukan
refleksi kegiatan belajar hari ini.
3. Penugasan.
4. Siswa memimpin Doa diakhir
pembelajaran.
|
5 menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
Sumber Belajar
a.
Buku ipa
Media Pembelajaran :
a. Power Point
b. Gambar –gambar tumbuhan.
c. Tempelan gambar
d. selotip
I.
PENILAIAN
a) Bentuk Penilaian
a.
Tertulis
b) Teknik Penilaian
a.
Pilihan ganda
c) Instrument penilaian
1.
Tumbuhan di bawah ini yang batangnya tidak bercabang
adalah …
a.
jati c.
bayam
b.
jagung d.
kopi
2.
Tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah ....
a.
jambu c.
kelapa
b.
mangga d.
durian
Perhatikan gambar di bawah ini!
3.
Bentuk tulang daun seperti pada gambar di
samping adalah….
a.
Menyirip c.
sejajar
b.
Melengkung d.menjari
4.
Biji rambutan ditanam. Pohon rambutan yang tumbuh dari biji itu memiliki
akar ….
a.
Serabut c. gantung
b.
Tunggang d. tunjang
5.
Bagian tumbuhan yang menyerap air dari dalam tanah adalah ….
a.
ujung akar c. cabang
akar
b.
bulu akar d. tudung
akar
6.
Gambar tumbuhan di samping memiliki jenis
batang ….
a.
Basah c.
rumput
b.
Berkayu d. lunak
7.
Daun selalu tumbuh pada ….
a.
Batang c.
bunga
b.
Akar d.
biji
8.
Bagian tumbuhan yang bertugas mencari air dan zat hara dari dalam tanah
adalah ….
a.
Daun c. bunga
b.
Batang d.akar
9.
Bagian tumbuhan yang berguna sebagai alat pengangkut atau transportasi
adalah ….
a.
Batang c.daun
b.
Bunga d.
akar
10.
Tumbuhan di bawah ini yang berbatang rumput adalah ….
a.
bayam c.
sawit
b.
kelapa d.
kopi
KUNCI JAWABAN :
No
|
Kunci jawaban
|
No
|
Kunci jawaban
|
1.
|
b. jagung
|
6.
|
b. berkayu
|
2.
|
c. kelapa
|
7.
|
a. batang
|
3.
|
d. menjari
|
8.
|
d. akar
|
4.
|
b. tunggang
|
9.
|
b. batang
|
5.
|
d. tudung akar
|
10.
|
a. bayam
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa
yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah SD Negeri 34 Sungai Limau
SURATI, S.Pd SD
Nip.196604111994032002
|
Sungai
Limau, Juli 2016
Guru
Kelas IV
ADITYA CANDRA
NIM.
13 100 365
|
Susunan dan Fungsi Bagian-bagian Tumbuhan
Bagian tubuh tumbuhan memiliki
bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.
1.
Akar
Akar mempunyai susunan dari luar ke dalam yaitu kulit luar
(epidermis), kulit pertama (korteks), dan silinder pusat. Bagian-bagian akar
terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang akar, cabang akar dan pangkal
akar.
Fungsi akar bagi tumbuhan adalah :
a) untuk menguatkan berdirinya batang,
b) menyerap air dan garam mineral,
c) membantu penyerapan oksigen di udara
pada tumbuhan tembakau, dan
d) menyimpan cadangan makanan misalnya
pada tumbuhan umbi-umbian.
Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu akar
serabut dan akar tunggang. Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan
jenis monokotil (biji berkeping tunggal). Misalnya, padi, jagung, dan
kelapa. Adapun akar tunggang biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis dikotil
(biji berkeping dua). Misalnya, mangga, jambu, jeruk, dan kacang-kacangan.
2.
Batang
Batang
merupakan bagian tubuh tumbuhan yang ada di atas tanah, serta tempat
melekatnya daun, bunga dan buah.
Fungsi batang yaitu :
- untuk penyokong tubuh tumbuhan,
- mengangkut zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan,
- mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.
3.
Daun
Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil.
Daun dibedakan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. Berdasarkan susunannya,
tulang daun ada yang menyirip (mangga dan jambu), menjari (singkong), dan
sejajar (jagung. tebu, padi, dan alang-alang).
Fungsi daun yaitu :
- untuk fotosintesis, penguapan air,
- pengeluaran air berupa tetesan, dan
- alat pernapasan tumbuhan.
4.
Bunga
Bunga merupakan alat perkembangbiakan secara kawin pada
tumbuhan. Bagian-bagian bunga meliputi tangkai, mahkota, kelopak, benang sari
dan putik. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan dan putik
berfungsi sebagai alat kelamin betina. Berikut bagian-bagian bunga :
a.
Tangkai
bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini
berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang
atau ranting.
b.
Kelopak
bunga, merupakan bagian bunga yang paling luar. Kelopak biasanya berwarna hijau
seperti daun atau berwarna warni seperti mahkota.
c.
Mahkota
bunga, terletak di sebelah dalam kelopak dan biasanya mempunyai warna yang
beraneka ragam. Mahkota bunga berguna untuk menarik serangga lain untuk datang
membantu penyerbukan.
d.
Benang
sari, merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala
sari. Benang sari biasanya terletak di tengah-tengah mahkota bunga.
e.
Putik,
merupakan alat kelamin betina. Pada dasar putik terdapat bagian yang akan
menjadi buah dan biji.
·
Berdasarkan
bagian-bagian yang dimiliki bunga dibedakan menjadi:
& bunga lengkap yaitu bunga yang
memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari
& bunga tak lengkap yaitu bunga
yang tidak memiliki salah satu bagian kelopak bunga, mahkota bunga,
putik, atau benang sari
& bunga sempurna yaitu bunga
yang memiliki benang sari dan putik
& bunga tak sempurna yaitu bunga
yang hanya memiliki putik atau benang sari saja.
5.
Buah
dan Biji
Buah ada yang berdaging, contohnya buah mangga dan buah
apel. Buah terdiri atas daging buah dan biji. Biji merupakan hasil dari
pembuahan yang terjadi akibat penyerbukan antara serbuk sari dan putik. Biji
itu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji
berkeping satu disebut monokotil
Kelompok
…..
Nama
anggota kelompok
1…………………………………….
2…………………………………….
3……………………………………
Nama tumbuhan
1……………………………………..
2……………………………………..
- Tempelkan potongan gambar yang tersedia ke dalam gambar tumbuhan sesuai dengan potongan gambar…
- Tuliskan jenis akar, batang, daun, bunga, dan biji dari masing-masing gambar tumbuhan tersebut….?
|
Tumbuhan 1
|
Tumbuhan 2
|
Akar
|
|
|
Batang
|
|
|
Daun
|
|
|
Bunga
|
|
|
Biji
|
|
|
- Sebtkan dan Jelaskan perbedaan & persamaan dari kedua gambar tumbuhan tersebut…?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar