RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Nama Sekolah : SD N 09 Batang Gasan
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 1 : DIRIKU
Sub Tema 2 : TUBUHKU
Pembelajaran ke : 3
Muatan Pembelajaran :PPKN, Matematika, dan Bahasa Indonesia
Materi Pokok : 1. aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2. makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
3. kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
Alokasi waktu : (5x35 menit)/ 1 hari
Waktu Pembelajaran :
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
[
Muatan: PPKn
Kompetensi |
Indikator |
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan Sekolah 1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar |
|
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
3.2.1. Menyebutkan aturan yang berlaku di kehidupan sehari-hari dirumah 3.2.2. Mengidentifikasikan aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
4.2.1 mendemonstrasikan kegiatan yang sesuai aturan dalam kehidupan sehari-hari. |
Muatan : Matematika
Kompetensi |
Indikator |
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek |
3.1.1 menjelaskan makna bilangan cacah 3.1.2 menyebutkan bilangan cacah sampai dengan 99 menggunakan kumpulan objek 3.1.3 Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang tepat (1 sampai dengan 10) *(diberikan setelah mengenal lambang bilangan) |
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan |
4.1.5 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10) |
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi |
Indikator |
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu) |
3.4.1 menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan anggota tubuh dengan melalui gambar. 3.4.2 mengidentifikasi kosa kata mengenai panca indera dengan melalui gambar. 3.4.3 Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat |
4.4 Menjelaskan dengan kosa kata yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan. |
4.4.1 Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan
|
B. TUJUAN
- Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
- Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar mata dan objek saat membaca.
- Dengan menyanyi, siswa dapat membilang 1 sampai dengan 10 dengan bantuan jari tangan.
- Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya.
- Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.
C. MATERI
· Posisi dan Jarak yang Tepat Saat Duduk dan Membaca.
· Mengenal Bilangan 1—10.
· Berlatih Menunjukkan Lambang bilangan.
· Menentukan Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.
D. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa, dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib “Garuda Pancasila” 2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. 3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. 5. Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan pembelajaran sebelumnya. 6. Memberi motivasi belajar peserta didik secara konstektual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari dengan mengajukan pertanyaan yang menantang. 7. Menyampaikan langkah-langkah kegiatan (misalnya: kerja individual, kerja kelompok, diskusi, melakukan observasi, dll) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
1. Guru memancing siswa dengan bertanya apakah ada yang suka membaca? Buku apa yang suka dibaca? Minta siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak mata dengan objek saat membaca di rumah. 2. Guru mengamati para siswa. 3. Setelah itu, guru memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tutuh yang tepat saat dudu. Guru juga memperlihatkan gambar yang menunjukkan poisisi tubuh dan jarak mata dengan objek saat membaca. 4. Guru bertanya pada siswa apa pendapat mereka tentang gambar-gambar tersebut. Minta siswa membandingkan antara gambar dengan posisi tubuh mereka saat duduk dan membaca yang mereka demonstrasikan. 5. Guru lalu mendemonstrasikan posisi tubuh sesuai dengan gambar yang barusan diperlihatkan, baik posisi tubuh yang tepat maupun yang salah. 6. Minta siswa mengamati. Minta mereka menunjukkan mana posisi tubuh guru yang benar dan mana yang salah. 7. Guru lalu meminta siswa mendemonstrasikan posisi tubuh yang tepat saat duduk berdasarkan informasi dan demonstrasi yang sudah para siswa lihat. 8. Guru mengamati, mengevaluasi, dan membetulkan posisi tubuh para siswa saat duduk. Guru meminta siswa berdiri, lalu duduk kembali dengan posisi tubuh yang tepat. Kegiatan ini diulang beberapa kali sampai para siswa memahami posisi tubuh yang tepat saat duduk. 9. Begitu pula untuk mengatur jarak mata dengan objek saat membaca. Guru meminta siswa mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk sekaligus mengatur jarak antara mata dan objek saat membaca. Bila posisi tubuh saat duduk tepat, maka akan memudahkan siswa untuk mengatur jarak mata dengan objek saat membaca. 10. Setelah itu, guru meminta siswa untuk berdiri. Sambil menyanyi, siswa diajak untuk mengenal nama-nama jari sambil menunjukkan jari yang dimaksud. (lihat buku siswa di halaman 53). 11. Guru mengajak siswa untuk membilang 1 sampai dengan 10 dengan menggunakan jari. Kegiatan ini diulang beberapa kali. 12. Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak. Guru menyebutkan bilangannya, siswa menunjukkan dengan jari sesuai dengan bilangan yang dimaksud. Sebaliknya, guru menunjukkan jari, siswa menyebut bilangan yang sesuai dengan jari tersebut. 13. Untuk menguatkan, guru meminta siswa mengamati gambar di halaman 52. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang ada di teks bacaan di halaman 52 menggunakan jari. (teks dibacakan oleh guru). 14. Kemudian, guru meminta siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 54. Siswa mengerjakan sambil duduk dengan posisi tubuh yang tepat serta mengatur jarak antara mata dengan buku siswa. 15. Setelah selesai mengerjakan soal, guru kembali bertanya jawab dengan siswa. Guru menanyakan rutinitas di rumah saat hendak tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Rutinitas di malam hari termasuk, waktu saat tidur malam, kegiatan yang dilakukan sebelum tidur malam, waktu bangun di padi hari, dan kegiatan yang dilakukan setelah bangun di pagi hari. 16. Guru mengapresiasi jawaban siswa. Guru lalu dengan meminta siswa mengamati gambar di buku siswa pada halaman 56. 17. Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak untuk minta siswa untuk menceritakan apa yang dilakukan oleh Siti di gambar tersebut dan membandingkannya dengan rutinitas siswa tersebut di rumah saat akan tidur dan bangun pagi. |
150 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
1. Guru lalu melengkapi informasi tentang rutinitas saat hendak tidur di malam hari dan bangun di pagi hari bahwa tidur di malam hari yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 2. Guru menutup kegiatan dengan mengulangi secara singkat penjelasan tentang posisi tubuh saat duduk dan membaca, membilang dengan jari, dan rutinitas di malam hari saat hendak tidur serta bangun di pagi hari. 3. Salam dan do’a penutup. |
15 menit |
G. SUMBER DAN MEDIA
- Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Software Pengajaran kelas 1 SD/MI dari JGC.
- Gambar dari Google.com
- Jari tangan dan anggota tubuh guru dan siswa.
H. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Instrumen Penilaian : Jurnal
a. Jurnal Sikap Spiritual (KI 1)
No |
Hari/ Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap yang di Amati |
Tindak Lanjut |
|||
Ketaatan Beribadah |
Perilaku Bersyukur |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan |
Toleransi dalam beribadah |
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Jurnal Sikap Sosial (KI 2)
No |
Hari/ Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap yang di Amati |
Tindak Lanjut |
|||||
Jujur |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
santun |
peduli |
Percaya diri |
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Penilaian Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi, Soal Butir Soal dan Kunci Jawaban
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
No |
Nama Siswa |
Muatan Pembelajaran/KD |
Jumlah |
Rata-rata |
|
BI 3.5 |
IPA 3.8 |
||||
1. |
VADIKA ANDRIANO |
|
|
|
|
2. |
REFREN NOVRIADI |
|
|
|
|
3. |
KIKI FAREL |
|
|
|
|
4. |
ABID AL AZZAM |
|
|
|
|
5. |
FAJJRI AR RAHMAN |
|
|
|
|
6. |
ZASKIA FAMESHA |
|
|
|
|
7. |
NABILA AL FAHNI |
|
|
|
|
8. |
RIDHO ANDRE MAULANA |
|
|
|
|
9. |
ARDIO LOVES |
|
|
|
|
10. |
AHMAD AZIZI YUSUF |
|
|
|
|
11. |
VANIA GUPTA ASHA |
|
|
|
|
12. |
MUTIARA KEYLA |
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
NTT |
|
|
|
|
|
NTR |
|
|
|
|
- Penilaian Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Non tes
b. Instrumen Penilaian : Rubrik
1. PPKN
Penilaian Praktik KD 4.2
Mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk
No |
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian Keterampilan |
Jumlah |
|
Kemampuan mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk |
Kemampuan mendemonstrasikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca |
|
||
1. |
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
NTT |
|
|
|
|
NTR |
|
|
|
Mengetahui Kepala SDN 09 Batang Gasan
HENDRA MASRIZAL, S.Pd NIP. 19820929 200501 1 004 |
|
Batang Gasan, 15 Juli 2019 Guru Kelas I
ADITYA CANDRA, S.Pd GSD NIP. 19960520 201903 1 004 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar