Kamis, 21 Januari 2021

SILABUS KELAS 5 MUATAN PELAJARAN IPA LENGKAP DENGAN PPK

 


SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                             : SDN 09 BATANG GASAN

KELAS / SEMESTER                        : V  / I

TEMA I                                                : ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA

SUB TEMA 1                                       : ORGAN GERAK HEWAN

PEMBELAJARAN                             : 1

MUATAN PEMBELAJARAN           : IPA

TAHUN PELAJARAN                       : 2020/2021

 

Kompetensi Inti  :

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPK

3.1 Memahami alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia

4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan

alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia

Alat Gerak Manusia dan Hewan

 

·    Rangka manusia.

·    Rangka hewan.

·    Fungsi rangka.

Cara merawat rangka.

·         Mengamati rangka pada tubuh diri sendiri dan gambar/model/ rangka asli beberapa jenis hewan.

·         Mendiskusikan fungsi rangka pada manusia dan hewan.

·         Mencari informasi dari berbagai sumber tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada rangka.

·         Mendiskusikan pentingnya menjaga kesehatan rangka.

·         Menampilkan hasil proyek model sederhana alat gerak manusia atau hewan di kelas.

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

a)    Ketaatan Beribadah

b)   Berperilaku Syukur

c)    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

d)   Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Jujur

2.      Disiplin

3.      Tanggung Jawab

4.      Santun

5.      Peduli

6.      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1.      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2.      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

 

a.       Teknik Penilaian : Non tes

Instrumen Penilaian : Rubrik

 

Ø  Buku Pedoman Guru Tema : Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø  Buku Siswa Tema : Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

3.2 Memahami organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia

 

Organ Pernapasan dan fungsinya

 

·    Organ pernapasan pada manusia

·    Organ pernapasan pada hewan

·    Cara memelihara Organ pernapasan pada manusia

·         Mengamati gambar/poster/ video tentang fenomena yang berhubungan dengan organ pernapasan pada manusia. Misalnya: gambar paru-paru yang rusak akibat merokok.

·         Mencari informasi organ pernapasan manusia dan fungsinya dari berbagai sumber.

·         Melakukan percobaan tentang pernapasan di depan kaca/cermin bahwa pernapasan menghasilkan uap air, memegang perut pada bagian tulang rusuk dan memperagakan bernapas sambil merasakan adanya tarikan dari tulang rusuk.

·         Mendiskusikan organ pernapasan manusia dan fungsinya serta beberapa kelompok hewan yang memiliki organ pernapasan yang unik atau berbeda dengan manusia.

·         Mendiskusikan penyebab gangguan kesehatan pada alat pernapasan.

·         Mendemonstrasikan model sederhana organ pernapasan manusia dan fungsinya.

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Ketaatan Beribadah

2.      Berperilaku Syukur

3.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4.      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Jujur

2.      Disiplin

3.      Tanggung Jawab

4.      Santun

5.      Peduli

6.      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

1)      Teknik Penilaian : Non tes

2)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

Ø  Buku Pedoman Guru Tema : Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)

Ø  Buku Siswa Tema : Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

3.3 Memahami organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

4.3  Menyajikan karya (misalnya poster, model, atau bermain peran) tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia

 

Organ Pencernaan Pada manusia dan hewan

 

·      Organ pencernaan pada manusia

·      Organ pencernaan pada hewan

·      Cara menjaga kesehatan organ pencernaan

·         Mengamati langsung/gambar/ menonton video bagaimana hewan makan dengan cara unik, contoh: sapi memamah biak.

·         Mendiskusikan organ pencernaan pada  manusia dan hewan dan fungsinya.

·         Melakukan percobaan yang berkaitan dengan organ pencernaan manusia dan fungsinya.

·         Mencari informasi tentang jenis penyakit yang berhubungan pada organ pencernaan dan cara menjaga kesehatannya.

·         Mendiskusikan keunikan organ pencernaan pada beberapa hewan dan fungsinya.

·         Menampilkan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan, misalnya dalam bentuk poster, model, atau bermain peran.

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Ketaatan Beribadah

2)      Berperilaku Syukur

3)      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4)      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Jujur

2)      Disiplin

3)      Tanggung Jawab

4)      Santun

5)      Peduli

6)      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

1)      Teknik Penilaian : Non tes

2)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

Ø  Buku Pedoman Guru Tema : Makanan Sehat Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø  Buku Siswa Tema : Makanan Sehat Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia

 

Organ Peredaran Darah pada Manusia dan Hewan

·      Organ peredaran darah pada manusia

·      Organ peredaran darah pada hewan

·      Cara menjaga kesehatan organ peredaran darah

·         Mengamati atau mendiskusikan fenomena/ istilah di sekitar yang berhubungan dengan organ peredaran darah. Contoh: istilah berdarah biru yang biasanya menjadi sebutan para bangsawan.

·         Mencari informasi tentang organ peredaran darah pada manusia dan fungsinya dari berbagai sumber.

·         Menyimpulkan bahwa organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia dan hewan.

·         Mendiskusikan tentang jenis penyakit pada organ peredaran darah dan cara menjaga kesehatannya.

·         Menampilkan karya dalam bentuk produk/ poster/ gambar/ bermain peran tentang peredaran darah manusia.

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Ketaatan Beribadah

2)      Berperilaku Syukur

3)      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4)      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Jujur

2)      Disiplin

3)      Tanggung Jawab

4)      Santun

5)      Peduli

6)      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

1.      Teknik Penilaian : Non tes

2.      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

Ø  Buku Pedoman Guru Tema : Organ Ekosistem Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø  Buku Siswa Tema : Ekosistem Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

Mengetahui,

Kepala SDN 09 Batang Gasan

 

 

 

 

HENDRA MASRIZAL, S.Pd

NIP. 19820929 200501 1 004

 

 

Batang Gasan, 13 Juli 2020

Guru Kelas V,

 

 

 

 

ADITYA CANDRA, S.Pd GSD

NIP. 19960520 201903 1 004

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar