SILABUS
NAMA SEKOLAH : SDN 09 BATANG GASAN
KELAS / SEMESTER : VI / I
TEMA I : SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUB TEMA 2 : HEWAN SAHABATKU
PEMBELAJARAN : 3
MUATAN PEMBELAJARAN : Bahasa Indonesia
TAHUN PELAJARAN : 2020/2021
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
Bahasa Indonesia 3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca. 4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
|
Informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca. |
· Ide Pokok adalah pikiran utama atau inti dari suatu paragaraf. Ide pokok terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat inti dalam suatu paragraph yang dijelaskan oleh kalimat-kalimat penjelas. Informasi adalah kabar mengenai suatu hal, peristiwa, atau kejadian. Informasi dapat ditemukan baik dimedia cetak, seperti majalah atau Koran, maupun di media elektonik, seperti televise, radio, dan internet. Langkah-langkah mengidentifikasi informasi dengan beberapa langkah berikut: 1) Bacalah isi teks atau bacaan secara keseluruhan. 2) Catatlah inti dari setiap paragraph. 3) Jika ada kata-kata yang tidak kamu ketahui artinya, carilah arti kata tersebut di dalam kamus. Agar daftar informasi yang kamu buat terarah, ada beberapa hal yang perlu kamu catat, antara lain: 1. Kata-kata kunci berupa kata frasa/klausa/ yang merujuk pada pikiran pokok. 2. Ide pokok setiap paragraph. 3. Data dan fakta yang mendukung gagasan. 4. Informasi yang dianggap menarik, dan 5. Pendapat atau penilaian penulis mengenai hal-hal tertentu. Manfaat mencatat informasi sebagai berikut : 1. Dapat menjadi dokumentasi hal-hal penting yang dapat digunakan suatu saat. 2. Dapat menjadi sumber informasi untuk bahan tulis. 3. Memudahkan untuk mengingat kembali informasi yang diperoleh.
|
§ guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut. Communication
§ Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan. § Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration § Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa. Tulisan dinilai dengan daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian. · |
A. Penilaian Sikap 1. Sikap Spritual Aspek yang diamati: a) Ketaatan Beribadah b) Berperilaku Syukur c) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. d) Toleransi dalam beribadah. 2. Sikap Sosial Aspek yang diamati: 1. Jujur 2. Disiplin 3. Tanggung Jawab 4. Santun 5. Peduli 6. Percaya Diri B. Penilaian Pengetahuan 1. Teknik Penilaian : Tes Tertulis 2. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP) C. Penilaian Keterampilan
Penilaian Praktik KD 4.1 Menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.(FORMAT PENILAIAN KI 4 TERLAMPIR DI RPP)
|
5 x 35 menit |
1. Sumber : ¡ Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). ¡ Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). 2. Media : ¡ Gambar tiga hewan dengan perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
|
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong Integritas
|
3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. 4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif. |
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. |
|
· Mengidentifikasi penggunaan kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. · Mempresentasikan informasi penting dari buku sejarah dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana · Memberikan tanggapan terhadaphasil kerja kelompok lain.
|
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: a. Ketaatan Beribadah b. Berperilaku Syukur c. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. d. Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1) Jujur 2) Disiplin 3) Tanggung Jawab 4) Santun 5) Peduli 6) Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan 1) Teknik Penilaian : 2) Tes Tertulis 3) Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Non tes b. Instrumen Penilaian : Rubrik |
|
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). ¡ Buku Siswa Tema : Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong Integritas
|
3.2Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca 4.2Menyajikan hasil penggalianinformasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif |
isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
|
· Menemutunjukkanisi teks penjelasan (eksplanasi) · Menemukan arti istilah-istilah yang terdapat pada teks penjelasan (eksplenasi) ilmiah yang dibaca · Menuliskan informasi penting dari teks penjelasan (eksplanasi) secara lisan, tulis dan visual dengan kosa kata baku dan kalimat efektif · Mempresentasikan informasi penting dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1) Ketaatan Beribadah 2) Berperilaku Syukur 3) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. 4) Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: a) Jujur b) Disiplin c) Tanggung Jawab d) Santun e) Peduli f) Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan 1) Teknik Penilaian : 2) Tes Tertulis 3) Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan
1. Teknik Penilaian : Non tes 2. Instrumen Penilaian : Rubrik |
|
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). ¡ Buku Siswa Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong Integritas
|
3.6Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantorpos, daftar riwayat hidup, dsb.) 4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuaipetunjuk pengisiannya. |
petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantorpos, daftar riwayat hidup, dsb |
|
· Mengidentifikasi data yang ditulis pada formulir, Menuliskan petunjuk pengisian formulir, Mencatat data-data yang diperlukan dalam mengisi formulir · Mengisi teks formulir sesuai dengan petunjuk pengisian · Membacakan formulir yang telah diisi
|
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: a) Ketaatan Beribadah b) Berperilaku Syukur c) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. d) Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1) Jujur 2) Disiplin 3) Tanggung Jawab 4) Santun 5) Peduli 6) Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan 1. Teknik Penilaian : 2. Tes Tertulis 3. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan
1. Teknik Penilaian : Non tes 2. Instrumen Penilaian : Rubrik |
|
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Wirausaha Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). ¡ Buku Siswa Tema : Wirausaha Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong Integritas
|
Mengetahui, Kepala SD Negeri 09 Batang Gasan
HENDRA MASRIZAL, S.Pd NIP. 19820929 200501 1 004
|
|
Batang Gasan, 13 Juli 2020 Guru Kelas VI,
ADITYA CANDRA, S.Pd GSD NIP: 19960520 201903 1 004 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar