Kamis, 21 Januari 2021

SILABUS MATEMATIKA KELAS 2 FORMAT 8 TABEL LENGKAP DENGAN PPK TERBARU

 

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                             : SDN 09 BATANG GASAN

KELAS / SEMESTER                        : II  / I

TEMA I                                                : HIDUP RUKUN

SUB TEMA 1                                       : HIDUP RUKUN DI RUMAH

PEMBELAJARAN                              : 1

MUATAN PEMBELAJARAN           : MATEMATIKA

TAHUN PELAJARAN                        : 2020/2021

 

Kompetensi Inti  :

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPK

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

 

4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret

 

bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

 

Lambang bilangan dan nilai tempat

·      Menuliskan berbagai bentuk bilangan sampai 999

·      Menentukan suatu bilangan yang sudah diketahui nilai tempatnya.

·      Mengidentifikasi nilai tempat pada suatu bilangan tertentu

·      Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan berdasarkan ciri nilai-nilai tempatnya

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

a)    Ketaatan Beribadah

b)   Berperilaku Syukur

c)    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

d)   Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Jujur

2.      Disiplin

3.      Tanggung Jawab

4.      Santun

5.      Peduli

6.      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1.      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2.      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

 

a.       Teknik Penilaian : Non tes

b.      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

3.2 Membandingkan dua bilangan cacah

 

4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya

 

Membandingkan dua bilangan cacah

Membandingkan dan mengurutkan bilangan

·     Menentukan lebih kecil, lebih besar, atau sama dengan (<,>,= )

Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya.

·      Menentukan benda yang paling banyak atau paling sedikit

·      Membandingkan dan mengurutkan gambar sekumpulan benda-benda bedasarkan jumlahnya

·      Mengurutkan beberapa bilangan sampai tiga angka

·      Membuat urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil jika diberikan urutan bilangan dari terkecil ke terbesar

·      Mempresentasikan, mendemonstrasikan, atau memperagakan cara membentuk bilangan dan mengurutkan bilangan dari sejumlah bilangan yang diberikan

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan membandingkan dan mengurutkan bilangan

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Ketaatan Beribadah

2.      Berperilaku Syukur

3.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4.      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Jujur

2)      Disiplin

3)      Tanggung Jawab

4)      Santun

5)      Peduli

6)      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

a)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

b)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

 

1)      Teknik Penilaian : Non tes

2)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

 

3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

 

4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan

penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah

·        Penjumlahan bentuk panjang

·        Penjumlahan bersusun ke bawah

·        Pengurangan bentuk panjang

·        Pengurangan bersusun ke bawah

·        Penjumlahan dengan menyimpan

Pengurangan dengan teknik meminjam

·      Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan dengan menggunakan simbol +, -, atau = dalam pengerjaan hitung bilangan.

·      Menjumlah dua bilangan tanpa teknik menyimpan

·      Menyusun berbagai pasangan bilangan pada penjumlahan dua bilangan yang diketahui jumlahnya tertentu

·      Mengubah kalimat penjumlahan ke bentuk pengurangan atau sebaliknya

·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 999

Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sampai dengan 999

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Ketaatan Beribadah

2.      Berperilaku Syukur

3.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4.      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Jujur

2)      Disiplin

3)      Tanggung Jawab

4)      Santun

5)      Peduli

6)      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

a)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

b)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

1)      Teknik Penilaian : Non tes

2)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian

 

4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian

 

perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian

Perkalian dan pembagian bilangan cacah

·         Mengamati operasi penjumlahan berulang

·         Menyimpulkan bahwa perkalian sebagai penjumlahan berulang

·         Membuat contoh penjumlahan berulang dan menggantikannya menjadi operasi perkalian

·         Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan tokoh dan isi cerita yang berhubungan dengan perkalian

·         Mengamati operasi pengurangan berulang

·         Menyimpulkan pembagian sebagai pengurangan berulang.

·         Mengerjakan soal yang berhubungan dengan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian

·         Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan perkalian atau pembagian ke dalam bentuk gambar/diagram

Menyajikan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Ketaatan Beribadah

2)      Berperilaku Syukur

3)      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4)      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

a)      Jujur

b)      Disiplin

c)      Tanggung Jawab

d)      Santun

e)      Peduli

f)       Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

a)      Teknik Penilaian : Non tes

b)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang

 

4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang

 

n nilai dan kesetaraan pecahan mata uang

Uang:

·        Uang kertas

Uang logam

·         Mengenal uang logam dan uang kertas

·         Mengenal jenis pecahan uang yang biasa digunakan sehari-hari seperti pecahan 50, 100, 500, 1000, 5000, dan 10000 rupiah

·         Mendemonstrasikan secara lisan dan tulisan cara mengurutkan berbagai nilai mata uang

·         Mendemonstrasikan secara lisan dan tulisan cara menentukan kesetaraan berbagai pecahan mata uang

·         Menyelesaikan soal cerita penggunaan uang ke dalam bentuk gambar/diagram

  • Mendemonstrasikan penggunaan uang dalam bentuk bermain peran sebagai penjual dan pembeli

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Ketaatan Beribadah

2.      Berperilaku Syukur

3.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4.      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Jujur

2.      Disiplin

3.      Tanggung Jawab

4.      Santun

5.      Peduli

6.      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

a)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

b)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

1.      Teknik Penilaian : Non tes

2.      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 09 Batang Gasan

 

 

 

 

HENDRA MASRIZAL S.Pd

NIP. 19820929 200501 1 004

 

 

Batang Gasan, 13 Juli 2020

Guru Kelas II,

 

 

 

 

ADITYA CANDRA, S.Pd GSD

NIP. 19960520 201903 1 004

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar