Kamis, 21 Januari 2021

contoh silabus PPkn kelas 1 fomat 8 tabel lengkap dengan nilai ppk untuk pennyusunan kurikulum SD

 

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                             : SDN 09 BATANG GASAN

KELAS / SEMESTER                        : I  / I

TEMA I                                                : DIRIKU

SUB TEMA 1                                       : AKU DAN TEMAN BARU

PEMBELAJARAN                              : 1

MUATAN PEMBELAJARAN           : PPKN

TAHUN PELAJARAN                       : 2020/2021

 

Kompetensi Inti  :

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPK

1.1 Menghargai gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila”

2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

3.1 Memahami  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila

lambang negara “Garuda Pancasila”

·         Gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila”

 

·         Mengamati  video/film/gambar tentang simbol – simbol sila Pancasila dalam lambang negara”Garuda Pancasila”dengan penuh rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

·         Menunjukkan simbol-simbol sila Pancasila pada lambang Negara “Garuda Pancasila” dengan santun penuh tanggungjawab.

·         Menyebutkan simbol-simbol sila Pancasila sesuai urutan sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.

·      Mewarnai gambar simbol sila-sila Pancasila pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan percaya diri.

·         Memasangkan gambar/model simbol-simbol sila Pancasila pada lambang Negara “Garuda Pancasila” penuh tanggung jawab dan percaya diri.

·         Menceritakan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” di sekitar rumah dan sekolah dengan santun sebagai perwujudan rasa bersyukur kepada Tuhan Yang MahaEsa

·      Bermain game tentang gambar simbol-simbol sila Pancasila dengan jujur dan percaya diri.

Contoh:

Setiap anak memegang satu gambar satu simbol sila Pancasila, kemudian guru memberikan aba-aba untuk membuat kelompok terdiri dari 5 orang (simbol sila 1 sampai dengan 5), atau variasi yang lain seperti, sila 1 berkumpul dengan sila 1, sila 2 dengan sila 2, dan seterusnya.

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

a)    Ketaatan Beribadah

b)   Berperilaku Syukur

c)    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

d)   Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Jujur

2.      Disiplin

3.      Tanggung Jawab

4.      Santun

5.      Peduli

6.      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1.      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2.      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

 

a.       Teknik Penilaian : Non tes

b.      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Diriku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø Buku Siswa Tema : Diriku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

 

1.2 Menunjukkan sikap mematuhi  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

2.2     Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2 Mengurutkan  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2   Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

·         Mengamati Video/film/gambar tentang aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan penuh rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

·         Menemutunjukkan gambar yang terkait dengan aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah penuh disiplin dan percaya diri serta rasa bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

·         Membacakan gambar yang terkait dengan aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah penuh disiplin dan percaya diri serta rasa bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

·         Mengumpulkan dan menyusun gambar-gambar yang berkaitan dengan tata tertib dan peraturan di lingkungan rumah penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan percaya diri

Menceritakan hasil mengumpulkan dan menyusun gambar-gambar  yang berkaitan dengan tata tertib dan peraturan di lingkungan rumah  secara santun, tanggung jawab, dan percaya diri sehingga mencerminkan rasa syukur terhadap

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Ketaatan Beribadah

2.      Berperilaku Syukur

3.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4.      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Jujur

2)      Disiplin

3)      Tanggung Jawab

4)      Santun

5)      Peduli

6)      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

a)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

b)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

 

1)      Teknik Penilaian : Non tes

2)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Diriku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø Buku Siswa Tema : Diriku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

1.3  Menghargai keberagaman karakteristik individu di rumah

2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah

3.3 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah

4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah

keberagaman karakteristik individu di rumah

·         Keberagaman karakteristik individu di rumah

 

·         Mengamati Video/film/gambar tentang keberagaman karakteristik individu di rumah dalam kehidupan sehari-hari sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

·         Membaca bacaan mengenai keberagaman karakteristik individu di rumah penuh rasa percaya diri, dan peduli pada sesama.

·         Mengumpulkan gambar-gambar yang menunjukkan keberagaman karakteristik individu di rumah dalam kehidupan sehari-hari dengan disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri

·         Melakukan tanya jawab tentang gambar-gambar yang menunjukkan keberagaman karakteristik  individu di lingkungan rumah penuh rasa ingin tahu dan penuh percaya diri.

·         Menceritakan pengalaman yang pernah dialami,dilihat, atau didengarnya dengan santun sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Ketaatan Beribadah

2.      Berperilaku Syukur

3.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4.      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Jujur

2)      Disiplin

3)      Tanggung Jawab

4)      Santun

5)      Peduli

6)      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

a)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

b)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

1)      Teknik Penilaian : Non tes

2)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Diriku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø Buku Siswa Tema : Diriku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

1.4 Menunjukkan  sikap kerjasama dalam suasana keberagaman di rumah

2.4     Bekerjasama dalam keberagaman di rumah

3.4     Menggambarkan bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah

4.4   Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah

 

·         Bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah

 

·         Mengamati video/gambart entang “Kerja Bakti di lingkungan rumah” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa .

·         Menyimak penjelasan guru tentang bentuk kerjasama di rumah sesuai dengan isi video/gambar yang telahd iamati penuh rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.

·         Tanya jawab tentang bentuk kerja sama di rumah dan di sekolah dengan percaya diri

·         Mewarnai gambar tentang bentuk kerjasama anggota keluarga dengan tanggung jawab, percaya diri, dan peduli terhadap sesama.

·         Menceritakan hasil karyanya setelah melakukan kegiatan menebalkan dan mewarnai gambar tentang bentuk kerja sama dalam keberagaman  anggota keluarga dengan santun, percaya diri, dan penuh rasa syukur terhadap Tuhan Yang maha Esa.

·       Bermain game tentang bentuk kerja sama dalam kebersamaan di rumah  dengan jujur dan percaya diri.

Contoh: Lomba memindahkan balon yang dikerjakan oleh 2 orang secara bersama-sama. Balon diletakkan di bagian punggung/leher/bagian tubuh yang lain.

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Ketaatan Beribadah

2)      Berperilaku Syukur

3)      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4)      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

a)      Jujur

b)      Disiplin

c)      Tanggung Jawab

d)      Santun

e)      Peduli

f)       Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

a)      Teknik Penilaian : Non tes

b)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

Ø Buku Pedoman Guru Tema : Diriku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)

Ø Buku Siswa Tema : Diriku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 09 Batang Gasan

 

 

 

 

HENDRA MASRIZAL, S.Pd

NIP. 19820929 200501 1 004

 

 

Batang Gasan, 13 Juli 2020

Guru Kelas I,

 

 

 

 

ADITYA CANDRA, S.Pd

NIP. 19960520 201903 1 004

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar