RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD N 09 Batang Gasan
Kelas / Semester : 6 /1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Hewan Sahabatku
Pembelajaran ke : 3
Muatan Pembelajaran : 1) Bahasa Indonesia
2) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok 1) menemukan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca.
2) cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
Alokasi waktu : (5x35 menit) 1 hari
Waktu Pelaksanaan :
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
KOMPETENSI DASAR (KD) |
INDIKATOR |
3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca. |
3.1.1. Menjelaskan pengertian ide pokok berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar/dibaca. 3.1.2. Menyebutkan ide pokok yang terdapat pada teks laporan hasil pengamatan yang didengar/dibaca. 3.1.3. Mengidentifikasikan informasi yang terdapat pada laporan hasil pengamatan yang di dengar/dibaca. 3.1.4. Menemukan ide pokok dan menyajikan dalam bentuk diagram. |
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yangdiperkuat oleh bukti. |
4.1.1Mengembangkannya dengan menggunakan kalimat sendiri |
IPA
KOMPETENSI DASAR (KD) |
INDIKATOR |
3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. |
3.1.1 Menjelaskan pengertian perkembangbiakan pada hewan. 3.1.2 Menyebutkan cara perkembangbiakan hewan secara generative 3.1.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya. |
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan. |
4.1.1Menyampaikan cara perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya melalui peta pikiran. |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan cara perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya melalui peta pikiran dengan benar.
3. Setelah mendengarkan teks tentang hewan, siswa mampu menemukan ide pokok dan menyajikan dalam bentuk diagram.
4. Setelah menemukan ide pokok dari teks tentang hewan yang dibacakan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan kalimat sendiri secara rinci.
D. MATERI
1. Bahasa Indonesia
Informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
· Ide Pokok adalah pikiran utama atau inti dari suatu paragaraf. Ide pokok terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat inti dalam suatu paragraph yang dijelaskan oleh kalimat-kalimat penjelas.
Informasi adalah kabar mengenai suatu hal, peristiwa, atau kejadian. Informasi dapat ditemukan baik dimedia cetak, seperti majalah atau Koran, maupun di media elektonik, seperti televise, radio, dan internet.
Langkah-langkah mengidentifikasi informasi dengan beberapa langkah berikut:
1) Bacalah isi teks atau bacaan secara keseluruhan.
2) Catatlah inti dari setiap paragraph.
3) Jika ada kata-kata yang tidak kamu ketahui artinya, carilah arti kata tersebut di dalam kamus.
Agar daftar informasi yang kamu buat terarah, ada beberapa hal yang perlu kamu catat, antara lain:
1. Kata-kata kunci berupa kata frasa/klausa/ yang merujuk pada pikiran pokok.
2. Ide pokok setiap paragraph.
3. Data dan fakta yang mendukung gagasan.
4. Informasi yang dianggap menarik, dan
5. Pendapat atau penilaian penulis mengenai hal-hal tertentu.
Manfaat mencatat informasi sebagai berikut :
1. Dapat menjadi dokumentasi hal-hal penting yang dapat digunakan suatu saat.
2. Dapat menjadi sumber informasi untuk bahan tulis.
3. Memudahkan untuk mengingat kembali informasi yang diperoleh.
2. Ilmu Pengetahuan Alam
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
Selain tumbuhan, hewan juga mengalami perkembangbiakan. Hewan berkembang biak adalah melestarikan jenisnya. Ada dua cara hewan berkembang biak, yaitu secara generatif (kawin) dan vegetatif (tidak kawin).
Perkembangbiakan Generatif
Perkembangbiakan Generatif adalah perkembangbiakan yang melalui proses pembuahan (kawin). Proses perkembangbiakan generatif dibagi menjadi 3, yaitu
a) Vivipar (Melahirkan)
Vivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan. Hewan yang berkembangbiak dengan cara ini memiliki ciri, antara lain:
Ø Menyusui anak
Ø Termasuk hewan mamalia
Ø Mempunyai daun telinga
Ø Tubuhnya ditutupi bulu atau rambut
Ø Mempunyai kelenjar susu
Contoh hewan berkembangbiak dengan cara Vivipar antara lain :kerbau, kucing, anjing, kambing, kuda, sapi, gajah, orang utan, kangguru, harimau, dan kelinci.
b) Ovipar (Bertelur)
Ovipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. Hewan yang berkembang biak dengan cara ini memiliki ciri-ciri, antara lain :
Ø Tidak menyusui anak
Ø Bukan hewan mamalia
Ø Tidak mempunyai daun telinga
Ø Tidak memounyai kelenjar susu
Contoh hewan berkembang biak dengan Ovipar adalah ikan, serangga, ayam, kadal, katak, burung, dan buaya.
c) Ovovivipar (Bertelur dan Melahirkan)
Ovovivipar adalah perkembangbiakan dengan cara bertelur dan melahirkan. Hewan ovovivipar mula-mula bertelur, tetapi tidak menetas diluar Rahim melainkan di dalam Rahim induknya. Setelah menetas embrio tumbuh didalam Rahim dan akan keluar setelah cukup umur. Contoh hewan berkembangbiak dengan cara ini adalah ikan hoiu, ikan pari, dan beberapa jenis ular dan kadal.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber :
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media :
¡ Gambar tiga hewan dengan perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan Makhluk Hidup”. Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication |
10 menit |
Inti |
§ Guru menempel gambar tiga binatang dengan perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar pada papan tulis. § Di dalam kelompok siswa mendiskusikan ketiga binatang tersebut. Collaboration Guru berkeliling untuk memberikan bantuan saat siswa berdiskusi. Guru bisa memberikan pertanyaan pancingan apabila diskusi tidak berjalan lancar. Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain. Rubrik dapat dilihat di halaman penilaian. § Guru memberi informasi kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan hewan lainnya, yaitu ovovivipar. Siswa diminta membaca lagi perkembangbiakan ini pada buku teks di pembelajaran sebelumnya. Communication Ovovivipar Adakah hewan yang berkembang biak bertelur sekaligus beranak? Ada, contohnya adalah ular. Beberapa jenis ular tidak selamanya melahirkan anaknya. Kadang-kadang saat mengeluarkan anakanaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus melahirkan (ovovivipar). Dapatkah kamu menyebutkan contoh hewan ovovivar lainnya? § Siswa dapat menambah pengetahuan mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks yang telah disiapkan tentang perkembangbiakan hewan (apabila tersedia). Apabila tidak memiliki sumber tersebut, guru dapat mendatangkan narasumber dari orangtua. Critical Thinking and Problem Solving § Setelah mengamati hewan di lingkungan sekolah dan mencari informasi pada sumber lainnya, siswa mengisi peta pikiran pada buku dan menulis manfaat perkembangbiakan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Mandiri § Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut. Communication § Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan. Ayam Di Indonesia, sebagian besar ayam dipelihara dan diternakkan. Masyarakat memanfaatkan daging dan telurnya. Daging dan telur ayam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ayam jantan dan betina memiliki perbedaan. Ayam jantan lebih besar dari ayam betina. Ia memiliki jalu panjang dan berjengger lebih besar. Bulu ekor ayam jantan panjang dan menjuntai. Ayam betina berukuran lebih kecil dan tidak memiliki jalu tetapi memiliki jengger kecil. Bulu ekornya pendek. § Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration § Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa. Tulisan dinilai dengan daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian. § Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. § Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru. |
150 menit |
Penutup |
¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan penilaian hasil belajar ¡ Remedi Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan ide pokok dapat melatihnya dengan guru. Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian bersama menemukan ide pokoknya. ¡ Pengayaan Siswa dapat memilih satu hewan yang berkembangbiak secara ovipar,vivipar, dan ovovivipar kemudian membuat penelitian kecil. ¡ Menyanyikan lagu daerah “Soleram” ¡ Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
H. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Instrumen Penilaian : Jurnal
a. Jurnal Sikap Spiritual (KI 1)
No |
Hari/ Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap yang di Amati |
Tindak Lanjut |
|||
Ketaatan Beribadah |
Perilaku Bersyukur |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan |
Toleransi dalam beribadah |
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Jurnal Sikap Sosial (KI 2)
No |
Hari/ Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap yang di Amati |
Tindak Lanjut |
|||||
Jujur |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
santun |
peduli |
Percaya diri |
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban
Soal UH Pembelajaran 3
I. Jawablah Soal di bawah ini dengan memeberi tanda silang (X) pada jawaban a, b, c, dan d yang kamu anggap paling tepat. 1) Pikiran pokok pada suatu bacaan disebut… a. Paragraph c. rangkuman b. Ide pokok d. informan 2) Ide pokok terdapat di dalam… a. Kalimat majemuk b. kalimat utama c. kalimat penjelas d. kalimat tunggal 3) Cara menemukan ide pokok adalah dengan membaca paragraph secara… a. Opini c. berulang-ulang b. Usulan d. acak 4) Dalam satu paragraph terdapat…kalimat utama a. Satu c. Tiga b. Dua d. Empat 5) Berikut ini yang bukan merupakan letak kalimat utama dalam sebuah paragraf adalah di… a. Awal paragraph b. Tengah Paragraf c. Akhir paragraph d. Awal dan akhir paragraf 6) Perhatikan Gambar dibawah ini. Hewan pada gambar berkembangbiak dengan cara… a. Ovovivipar c. Ovipar b. Vivipar d.Membelah diri
|
7) Hewan berkembangbiak agar terhindar dari… a. Mangsa c. Kematian b. Kepunahan d. Bencana 8) Hewan yang tidak dapat berkembang biak akan mengalami… a. Kematian c. Kehamilan b. Perkawinan d. Kepunahan 9) Hewan Berikut ini berkembangbiak dengan cara bertelur kecuali adalah… 10) Vivipar adalah cara perkembangbiakan dengan cara… a. bertelur b. bertelur dan melahirkan c. melahirkan d. membelah diri B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar! 1) Jelaskan apa yang dimaksud dengan ide pokok…? 2) Jelaskan apa yang dimaksud dengan kalimat penjelas…? 3) Sebutkan 3 contoh hewan Ovipar…? 4) Sebutkan 4 contoh hewan Vivipar…? 5) Sebutkan 3 contoh hewan Ovovivipar…?
|
Kunci Soal
No |
Bhs Indonesia |
Bobot |
IPA |
Bobot |
Soal Pilihan Ganda |
||||
1. |
B |
1 |
- |
- |
2. |
C |
1 |
- |
- |
3. |
C |
1 |
- |
- |
4. |
A |
1 |
- |
- |
5. |
B |
1 |
- |
|
6. |
- |
- |
C |
1 |
7. |
- |
- |
B |
1 |
8. |
- |
- |
D |
1 |
9. |
- |
- |
C |
1 |
10 |
- |
- |
C |
1 |
Soal Uraian |
||||
1. |
Ide Pokok adalah pikiran utama atau inti dari suatu paragaraf. |
3 |
- |
- |
2. |
Kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan isi kalimat utama |
2 |
|
- |
3. |
- |
- |
Hewan Ovipar (Bertelur) Ø Ayam, bebek, ikan, burung, katak, buaya, dll |
6 |
4. |
- |
- |
Hewan Vivipar (Melahirkan) ØKerbau, sapi, kambing, singa, harimau, kelinci, domba, kucing dll |
8 |
5. |
- |
- |
Hewan Ovovivipar (Bertelur dan Melahirkan) ØIkan hiu, ikan pari, platipus, dan beberapa jenis ular |
6 |
|
JUMLAH SKOR |
10 |
JUMLAH SKOR |
25 |
Pedoman Penskoran:
3. Penilaian Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Non tes
b. Instrumen Penilaian : Rubrik
1. Bahasa Indonesia
Penilaian Praktik KD 4.1
Menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
No |
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian Keterampilan |
Jumlah |
||
Mendengarkan |
Komunikasi |
Partisipasi |
|||
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
NTT |
|
|
|
|
|
NTR |
|
|
|
|
2. IPA
Penilaian Praktek KD 4.1
Peta pikiran siswa diperiksa dengan menggunakan daftar periksa
I. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü Belum terlihat
ü Mulai terlihat
ü Mulai berkembang
ü Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
.
Mengetahui, Kepala SDN 09 Batang Gasan
HENDRA MASRIZAL,S.Pd NIP. 19960520 201903 1 004 |
|
Batang Gasan, 13 Juli 2020
Guru Kelas VI
ADITYA CANDRA, S.Pd GSD
NIP. 19960520 201903 1 004
|
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Bahasa Indonesia
A. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SDN 09 Batang Gasan
Kelas / Semester : VI (Enam) / I (Satu)
Tema : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema : 2. Hewan Sahabatku
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Alokasi Waktu : 5 x 35 Menit
Hari / Tanggal :
Nama Kelompok : 1.
2.
B. INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.1.1Menemukan ide pokok dan menyajikan dalam bentuk diagram.
C. TUJUAN LKPD
Bahasa Indonesia
Menemukan fakta-fakta dan ide pokok dari bacaan yang di dengar.
D. ALAT DAN BAHAN
Alat : Pensil, penghapus, buku
Bahan : Kertas LKPD
E. LANGKAH KEGIATAN
Bahasa Indonesia
1. Bacalah soal dengan hati-hati
2. Tentukanlah fakta-fakta dan ide pokok dari bacaan yang diperdengarkan” !
3. Diskusikanlah dengan teman kelompokmu !
4. Tulislah Jawabannya pada kolom di dibawah.
KUNCI JAWABAN
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Bahasa Indonesia
F. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SDN 09 Batang Gassan
Kelas / Semester : VI (Enam) / I (Satu)
Tema : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema : 2. Hewan Sahabatku
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Alokasi Waktu : 5 x 35 Menit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar