SILABUS
NAMA SEKOLAH : SDN 09 BATANG GASAN
KELAS / SEMESTER : IV / I
TEMA I : INDAHNYA KEBERSAMAAN
SUB TEMA 1 : KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU
PEMBELAJARAN : 1
MUATAN PEMBELAJARAN : IPA
TAHUN PELAJARAN : 2020/2021
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi |
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi |
· Letak dan luas kabupaten/ kota dan provinsi dalam peta · Kondisi/karak-teristik alam (iklim, bentuk muka bumi, flora, fauna) · Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran) · Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam
|
· Mengamati gambar/peta/ foto/video/teks bacaan yang relevan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam. · Mendiskusikan/mengum-pulkan data yang berhubungan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam. · Mengidentifikasi dan menyimpulkan bersama tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
|
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: a) Ketaatan Beribadah b) Berperilaku Syukur c) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. d) Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1. Jujur 2. Disiplin 3. Tanggung Jawab 4. Santun 5. Peduli 6. Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan 1. Teknik Penilaian : Tes Tertulis 2. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Non tes b. Instrumen Penilaian : Rubrik
|
|
1. Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). 2. Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong Integritas
|
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia 4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia |
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia |
· Keragaman sosial budaya · Keragaman ekonomi, · Keragaman etnis · Keragaman agama
|
· Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan dan bertanya jawab tentang: keragaman sosial budaya; ekonomi; etnis dan agama · Mendiskusikan/mencari gambar/mengumpulkan data melalui wawancara tentang keragaman sosial budaya; ekonomi; etnis; agama · Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang keragaman sosial budaya; ekonomi; etnis; agama |
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1. Ketaatan Beribadah 2. Berperilaku Syukur 3. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. 4. Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1) Jujur 2) Disiplin 3) Tanggung Jawab 4) Santun 5) Peduli 6) Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan a) Teknik Penilaian : Tes Tertulis b) Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan
1) Teknik Penilaian : Non tes 2) Instrumen Penilaian : Rubrik
|
|
· Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). Ø Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong Integritas
|
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi 4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi |
kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi |
· Ketersediaan sumber-sumber ekonomi · Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi) · Lembaga ekonomi Perniagaan untuk meningkatkan kesejahteraan |
· Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: Kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat · Mendiskusikan/mengum-pulkan data dari narasumber yang berbeda profesi/melakukan wawancara tentang kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dan lembaga ekonomi; perniagaan untuk meningkatkan kesejahteraan yang ada di lingkungan sekitar sampai provinsi · Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: kegiatan ekonomi dan perniagaan, lapangan kerja, lembaga ekonomi, untuk meningkatkan kesejahteraan yang ada di lingkungan sekitar sampai provinsi |
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1. Ketaatan Beribadah 2. Berperilaku Syukur 3. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. 4. Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1) Jujur 2) Disiplin 3) Tanggung Jawab 4) Santun 5) Peduli 6) Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan a) Teknik Penilaian : Tes Tertulis b) Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan 1) Teknik Penilaian : Non tes 2) Instrumen Penilaian : Rubrik
|
|
· Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). Ø Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong Integritas
|
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat 4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat. |
kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat |
· Kerajaan Hindu- Buddha (Kutai,Taruma-negara, Mataram kuno, Sriwijaya, Singosari dan Majapahit) dari aspek: - Letak geo-grafis - Sumber dan tokoh - Peninggalan Hindu – Buddha di lingkungan sekitarnya. - Pengaruh Hindu-Buddha di kehidupan masa kini. · Kerajaan Islam (Samudra Pasai, Demak, Mataram, Ternate dan Tidore, Banten, Goa Tallo) dari aspek: - Letak geografis - Sumber dan tokoh - Peninggalan kerajaan Islam di lingkungan sekitarnya - Pengaruh kerajaan Islam di kehidupan masa kini |
- Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: Kerajaan Hindu-Buddha dan Kerajaan Islam dari aspek: letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini - Mendiskusikan/ membuat daftar identifikasi / membaca sumber lain/ mengumpulkan data yang berhubungan dengan: Kerajaan Hindu-Buddha dan Kerajaan Islam dari aspek: Letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini. - Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: Kerajaan Hindu-Buddha, dan Kerajaan Islam dari aspek: letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini
|
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1) Ketaatan Beribadah 2) Berperilaku Syukur 3) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. 4) Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: a) Jujur b) Disiplin c) Tanggung Jawab d) Santun e) Peduli f) Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan 1) Teknik Penilaian : Tes Tertulis 2) Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan a) Teknik Penilaian : Non tes b) Instrumen Penilaian : Rubrik
|
|
· Buku Pedoman Guru Tema : Peduli terhadap Lingkungan Hidup Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). ü Buku Siswa Tema : Peduli terhadap Lingkungan Hidup Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong Integritas
|
Mengetahui, Kepala SDN 09 Batang Gasan
HENDRA MASRIZAL, S.Pd NIP. 19820929 200501 1 004
|
|
Batang Gasan, 13 Juli 2020 Guru Kelas IV,
ADITYA CANDRA, S.Pd GSD NIP. 19960520 201903 1 004 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar