Kamis, 21 Januari 2021

silabus kelas 4 fomat 8 tabel lengkap dengan Nilai PPK mapel IPS


 

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                             : SDN 09 BATANG GASAN

KELAS / SEMESTER                        : IV  / I

TEMA I                                               : INDAHNYA KEBERSAMAAN

SUB TEMA 1                                      : KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

PEMBELAJARAN                             : 1

MUATAN PEMBELAJARAN           : IPA

TAHUN PELAJARAN                      : 2020/2021

 

Kompetensi Inti  :

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPK

3.1    Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

 

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

·   Letak dan luas kabupaten/ kota  dan provinsi dalam peta

·   Kondisi/karak-teristik alam (iklim,  bentuk muka bumi, flora, fauna)

·   Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran)

·   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam

 

·      Mengamati  gambar/peta/ foto/video/teks bacaan yang relevan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.

·      Mendiskusikan/mengum-pulkan data yang berhubungan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.  

·      Mengidentifikasi dan menyimpulkan bersama tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.

 

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

a)    Ketaatan Beribadah

b)   Berperilaku Syukur

c)    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

d)   Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Jujur

2.      Disiplin

3.      Tanggung Jawab

4.      Santun

5.      Peduli

6.      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1.      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2.      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

 

a.       Teknik Penilaian : Non tes

b.      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

1.    Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.    Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

3.2   Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia

4.2   Menyajikan hasil identifikasi  mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia

keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia

·      Keragaman sosial budaya

·      Keragaman  ekonomi,

·      Keragaman etnis

·      Keragaman agama

 

·         Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan  dan bertanya jawab tentang: keragaman sosial budaya;  ekonomi; etnis dan agama

·         Mendiskusikan/mencari gambar/mengumpulkan data melalui wawancara tentang keragaman sosial budaya;  ekonomi; etnis; agama

·         Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang keragaman sosial budaya;  ekonomi; etnis; agama

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Ketaatan Beribadah

2.      Berperilaku Syukur

3.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4.      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Jujur

2)      Disiplin

3)      Tanggung Jawab

4)      Santun

5)      Peduli

6)      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

a)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

b)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

 

1)      Teknik Penilaian : Non tes

2)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

·         Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi

4.3  Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi

kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi

·    Ketersediaan sumber-sumber ekonomi

·  Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)

·  Lembaga ekonomi Perniagaan untuk meningkatkan kesejahteraan

·         Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: Kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat

·         Mendiskusikan/mengum-pulkan data dari narasumber yang berbeda profesi/melakukan wawancara tentang kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dan lembaga ekonomi; perniagaan untuk meningkatkan kesejahteraan yang ada di lingkungan sekitar sampai provinsi

·         Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: kegiatan ekonomi dan perniagaan, lapangan kerja, lembaga ekonomi,  untuk meningkatkan kesejahteraan yang ada di lingkungan sekitar sampai provinsi

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1.      Ketaatan Beribadah

2.      Berperilaku Syukur

3.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4.      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Jujur

2)      Disiplin

3)      Tanggung Jawab

4)      Santun

5)      Peduli

6)      Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

a)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

b)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

1)      Teknik Penilaian : Non tes

2)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

·         Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Ø  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

3.4   Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini  di lingkungan daerah setempat

4.4   Menyajikan hasil identifikasi kerajaan   Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini  di lingkungan daerah setempat.

kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini  di lingkungan daerah setempat

·    Kerajaan Hindu- Buddha (Kutai,Taruma-negara, Mataram kuno, Sriwijaya, Singosari dan Majapahit) dari aspek:

-    Letak geo-grafis

-    Sumber dan tokoh

-    Peninggalan Hindu – Buddha di lingkungan sekitarnya.

-    Pengaruh Hindu-Buddha di kehidupan masa kini.

·   Kerajaan Islam (Samudra Pasai, Demak, Mataram, Ternate dan Tidore, Banten, Goa Tallo) dari aspek:

-    Letak geografis

-    Sumber dan tokoh

-    Peninggalan kerajaan Islam di lingkungan sekitarnya

-    Pengaruh kerajaan Islam di kehidupan masa kini

-          Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: Kerajaan Hindu-Buddha dan Kerajaan Islam dari aspek: letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini 

-          Mendiskusikan/ membuat daftar identifikasi / membaca sumber lain/ mengumpulkan data yang berhubungan dengan: Kerajaan Hindu-Buddha dan Kerajaan Islam dari aspek: Letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini.

-          Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: Kerajaan Hindu-Buddha, dan Kerajaan Islam dari aspek: letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini 

 

A.Penilaian Sikap

 

1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

1)      Ketaatan Beribadah

2)      Berperilaku Syukur

3)      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

4)      Toleransi dalam beribadah.

 

2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap)

Aspek yang diamati:

a)      Jujur

b)      Disiplin

c)      Tanggung Jawab

d)      Santun

e)      Peduli

f)       Percaya Diri

 

B.Penilaian Pengetahuan

1)      Teknik Penilaian :

Tes Tertulis

2)      Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal,  Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)

 

C.Penilaian Keterampilan

a)      Teknik Penilaian : Non tes

b)      Instrumen Penilaian : Rubrik

 

 

·         Buku Pedoman Guru Tema : Peduli terhadap Lingkungan Hidup Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

ü  Buku Siswa Tema : Peduli terhadap Lingkungan Hidup Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong - royong

Integritas

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 09 Batang Gasan

 

 

 

 

HENDRA MASRIZAL, S.Pd

NIP. 19820929 200501 1 004

 

 

Batang Gasan, 13 Juli 2020

Guru Kelas IV,

 

 

 

 

ADITYA CANDRA, S.Pd GSD

NIP. 19960520 201903 1 004

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar