SILABUS
NAMA SEKOLAH : SDN 09 BATANG GASAN
KELAS / SEMESTER : III / I
MUATAN PEMBELAJARAN : SBdP
TAHUN PELAJARAN : 2020/2021
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
4.1 Membuat karya dekoratif |
unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif |
· Unsur unsur gambar dekoratif (motif, pola, ornamen)
· Pembuatan karya dekoratif dengan berbagai bahan dan teknik
|
· Mengamati berbagai karya dekoratif, bahan, alat yang digunakan dalam membuat gambar dekorasi melalui media cetak/elektronik , pameran dan berbagai sumber. · Mengumpulkan informasi melalui kegiatan wawancara dan selanjutnya memilih jenis karya, bahan, media, alat dan teknik yang akan digunakan dalam proses gambar dekorasi. · Membandingkan berbagai karya gambar dekoratif/ornamen mengenai motif, pola, bahan, media, jenis, dan teknik. · Bereksperimen dalam pembuatan gambar dekoratif dengan berbagai media an teknik. · Menyajikan gambar dekoratif hasil buatan sendiri dan mempresentasikannya dalam bentuk tulis dan lisan.
|
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: a) Ketaatan Beribadah b) Berperilaku Syukur c) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. d) Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1. Jujur 2. Disiplin 3. Tanggung Jawab 4. Santun 5. Peduli 6. Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan 1. Teknik Penilaian : Tes Tertulis 2. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Non tes b. Instrumen Penilaian : Rubrik
|
|
1. Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). 2. Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong -ntegritas
|
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu |
bentuk dan variasi pola irama dalam lagu |
· Persamaan, kemiripan dan perbedaan pola irama · Bentuk A – A’, A-B dan A-B-A pada lagu anak
|
· Menyimak lagu yang dicontohkan guru/diperdengarkan melalui media · Bertepuk tangan mengikuti pola irama lagu · Mengidentifikasi persamaan, kemiripan dan perbedaan pola irama lagu · Menyimpulkan bentuk lagu yang telah dipelajari · Mengeksplorasi melalui kegiatan mencoba, mengelompokkan dan memadukan berbagai bentuk dan variasi pola irama lagu. Menampilkan hasil eksplorasi bentuk dan variasi pola irama |
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: a) Ketaatan Beribadah b) Berperilaku Syukur c) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. d) Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1. Jujur 2. Disiplin 3. Tanggung Jawab 4. Santun 5. Peduli 6. Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan 1. Teknik Penilaian : 2. Tes Tertulis 3. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan
a) Teknik Penilaian : Non tes b) Instrumen Penilaian : Rubrik
|
|
1. Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). 2. Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong -integritas
|
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari. 4.3 Meragakan dinamika gerak tari.
|
dinamika gerak tari. |
· Dinamika gerak tari · Peragaan dinamika gerak dalam tari
|
1. Mengamati dinamika gerak melalui tari 2. Bertanya jawab tentang unsur-unsur dan dinamika gerak pada tari 3. Meniru dengan melalui kegiatan mendiskusikan teknik dan mencoba dinamika gerak tari 4. Menghubungkan unsur-unsur dinamika gerak tari dengan harmonisasi tari 5. Memeragakan dinamika gerak tari |
A. Penilaian Sikap
1. Sikap Spritual (Penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1. Ketaatan Beribadah 2. Berperilaku Syukur 3. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. 4. Toleransi dalam beribadah. 2.Sikap Sosial (Penilaian KI 2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1. Jujur 2. Disiplin 3. Tanggung Jawab 4. Santun 5. Peduli 6. Percaya Diri
B. Penilaian Pengetahuan 1. Teknik Penilaian : 2. Tes Tertulis 3. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C. Penilaian Keterampilan
Penilaian Praktek KD 4.3 Memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari.(Format Penilaian Ki 4 Terlampir Di RPP)
|
5 x 35 menit |
3. Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). 4. Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong -integritas
|
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung 4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung |
teknik potong, lipat, dan sambung |
· Teknik potong, lipat, dan sambung dalam berkarya
Pembuatan karya bentuk geometris dan organis (silindris, kubistis lampion, baling-baling, robot-robotan, mobil-mobilan, dan lain-lain) dengan teknik potong lipat dan sambung |
· Mengamati dan menayakan berbagai bentuk karya teknik potong, lipat dan sambung. · Mengumpulkan informasi melalui kegiatan menanyakan, mengelompokkan karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung. · Membuat bentuk mainan silindris dan kubistis dalam bentuk mobil mobilan dan robot robotan dengan teknik potong lipat dan sambung. Mempresentasikan hasil karya teknik potong, sambung baik secara tulis, lisan, dan karya seni. |
A.Penilaian Sikap
1.Sikap Spritual (penilaian KI 1 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: a) Ketaatan Beribadah b) Berperilaku Syukur c) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. d) Toleransi dalam beribadah.
2.Sikap Sosial (penilaian KI2 menggunakan Jurnal Sikap) Aspek yang diamati: 1. Jujur 2. Disiplin 3. Tanggung Jawab 4. Santun 5. Peduli 6. Percaya Diri
B.Penilaian Pengetahuan a. Teknik Penilaian : b. Tes Tertulis c. Instrumen Penilaian : Kisi-Kisi Soal, Butir Soal dan Kunci Jawaban (terlampir di RPP)
C.Penilaian Keterampilan
a) Teknik Penilaian : Non tes b) Instrumen Penilaian : Rubrik
|
|
1. Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018). |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong - royong -integritas
|
Mengetahui, Kepala SD Negeri 09 Batang Gasan
HENDRA MASRIZA, S.Pd NIP. 19820929 200501 1 004
|
|
Batang Gasan, 13 Juli 2020 Guru Kelas III,
ADITYA CANDRA, S.Pd.GSD NIP. 19960520 201903 1 004 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar